Waduh, Kim Jong Un Luncurkan 23 Rudal Dalam 2 Hari 

Editor: Shinta Miranda

3 November 2022 06:24 3 Nov 2022 06:24

Thumbnail Waduh, Kim Jong Un Luncurkan 23 Rudal Dalam 2 Hari  Watermark Ketik
Rudal Korea Utara. (Foto: Reuters) 

KETIK, SURABAYA – Negara Korea Utara meluncurkan setidaknya 26 rudal dalam dua hari terakhir hingga membuat negara tetangga seperti Korea Selatan dan Jepang gelisah. 

Tiga dari 26 rudal balistik Korut itu ditembakkan pada Kamis (3/11) pagi ini dan salah satunya disebut sempat melewati wilayah Jepang. Hal itu pun memicu pemerintah pusat di Tokyo sempat mengeluarkan peringatan serangan udara dan perintah warga di sejumlah prefektur di utara untuk evakuasi ke ruang bawah tanah. 

Sebuah rudal diyakini diluncurkan dari Korea Utara. Silakan mengungsi ke gedung atau bawah tanah," demikian imbauan pemerintah Jepang di Twitter. 

Beberapa menit kemudian, Kantor Perdana Menteri Jepang menyatakan hal serupa. 

"Ancaman rudal sudah berlalu. Rudal itu diyakini melintasi Samudra Pasifik sekitar pukul 07.48 pagi. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, tolong jangan mendekat dan segera hubungi polisi atau pemadam kebakaran." 

Setelah diselidiki lebih lanjut, Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan rudal Korut tak melewati wilayahnya. 

"Rudal itu tidak melintasi kepulauan Jepang, tetapi menghilang di atas Laut Jepang," kata Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, seperti dikutip AFP. 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan "peluncuran rudal Korea Utara yang berulang-ulang adalah keterlaluan dan sama sekali tidak dapat dimaafkan." 

Kishida menegaskan gelagat bermusuhan Korut ini telah membuat Tokyo marah. 

Peluncuran itu dilakukan setelah Pyongyang menuntut Amerika Serikat dan Korea Selatan menghentikan latihan militer skala besar, dengan mengatakan "ketergesaan dan provokasi militer tidak dapat lagi ditoleransi". 

Di hari yang sama, militer Korea Selatan juga mendeteksi peluncuran rudal Korut. 

"Satu rudal balistik jarak jauh yang diyakini diluncurkan ke Laut Timur sekitar pukul 07.40 pagi waktu setempat dari area Sunan, Pyongyang,"demikian pernyataan resmi militer Korsel. 

Sekitar pukul 08.39 waktu setempat, mereka mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek. Peluru kendali ini diyakini meluncur dari arah Kaechon, Provinsi Pyongan Selatan. 

Sehari sebelumnya, Korut total meluncurkan 23 rudal berbagai jenis hingga memicu balasan uji coba rudal dari Korsel. Beberapa rudal itu dilaporkan jatuh dekat perairan teritorial Korea Selatan untuk pertama kalinya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Korea Utara Korut rudal Jepang Korea Selatan