Wajib Tahu! Bawang Goreng Jadi Kondimen Terenak Kedua di Dunia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

18 Desember 2023 23:30 18 Des 2023 23:30

Thumbnail Wajib Tahu! Bawang Goreng Jadi Kondimen Terenak Kedua di Dunia Watermark Ketik
Bawang goreng. (Foto: Wikipedia)

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tidak tahu bawang goreng? Sebagai orang Indonesia, rasanya kondimen yang satu ini pasti tidak asing di telinga.

Bawang goreng kerap kali menjadi pelengkap aneka sajian khas Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab bawang goreng membuat masakan menjadi lebih lezat dan harum.

Bahkan saking enaknya baru-baru ini bawang goreng dinobatkan sebagai kondimen terbaik kedua di dunia versi TasteAtlas.

Posisi bawang goreng hanya kalah dari Aceto Balsamico Tradizionale yang merupakan cuka asal Province of Modena, Italia.

Berkat hal tersebut bawang goreng masuk ke dalam  "Top 53 Condiments in the World" yang di-update TasteAtlas pada 30 November 2023. Untuk daftar ini, tercatat 3.355 ratings dan 2.785 di antaranya diakui sah oleh sistem.

"Bawang goreng adalah bumbu tradisional Indonesia. Ini dibuat dengan menggoreng bawang merah yang diiris tipis dalam minyak sampai bawang merah menjadi renyah dan berwarna keemasan," tulis keterangan di TasteAtlas.

Seperti yang kita tahu jika bawang goreng memiliki cita rasa yang renyah dan sedikit pahit. Hal inilah yang membuat rasa makanan menjadi lebih enak. Pembuatan bawang goreng pun sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengiris tipis bawang merah, lalu menggorengnya di minyak panas hingga berwarna kecokelatan.

"Ditaburkan di berbagai masakan Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, bakso, semur, dan sop buntut," lanjut keterangan tersebut.

Sebagai pelengkap masakan, banyak orang membuat bawang goreng dalam porsi banyak, lalu menyimpannya ke sebuah toples kedap udara.

Meraih posisi kedua sebagai kondimen terenak di dunia, bawang goreng khas Indonesia sukses mengalahkan soy sauce dari China, maple syrup dari Kanada, hingga bumbu gochujang dari Korea Selatan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Kondimen makanan Tradisional Indonesia TasteAtlas