Wali Kota Alpian Dianugerahi Gelar Adat Minangkabau, Rajo Alam Nan Batuah

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Marno

24 Juni 2023 23:23 24 Jun 2023 23:23

Thumbnail Wali Kota Alpian Dianugerahi Gelar Adat Minangkabau,  Rajo Alam Nan Batuah Watermark Ketik
Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni menerima gelar kehormatan adat Minangkabau, Rajo Alam Nan Batuah. (Foto; Al/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH didampingi Ketua TP-PKK Kota Pagaralam Rachma Hareni Noor Alpian hadiri Festival Tambua Kota Pagaralam tahun 2023. Acara ini untuk meriahkan HUT Kota Pagaralam ke-22 tahun, bertempat di Lapangan Merdeka Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Jum’at (23/6) malam.

Di kesempatan ini, Kak Pian juga turut dianugerahi pemberian gelar Kehormatan Adat Minangkabau Sumatera Barat, berupa gelar ‘Rajo Alam Nan Batuah’. Gelar ‘Rajo Alam Nan Batuah.’ menggambarkan pengakuan atas jasa dan kontribusinya, dalam memimpin dan mengembangkan Kota Pagaralam. 

Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH menuturkan, bahwa pemberian gelar ini, merupakan suatu kehormatan. “Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Badan Musyawarah Keluarga Minangkabau (BMKM) Kota Pagaralam, yang telah memberikan gelar ‘Rajo Alam Nan Batuah,’.

Pemberian gelar ini merupakan sebuah kehormatan. "Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada masyarakat dan pemangku adat Minangkabau atas penghargaan yang diberikan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Kak Pian menyampaikan rasa bangganya, terhadap Festival Tambua Kota Pagaralam, yang turut memeriahkan HUT Kota Pagaralam ke-22 tahun. Festival ini, menjadi momen yang berharga, bagi masyarakat Kota Pagaralam buat bersatu, saling berbagi kebahagiaan dan merayakan kemajuan Kota Pagaralam.

Dengan semangat membara, Kak Pian juga berkomitmen, untuk terus memajuka Kota Pagaralam, serta memperkuat kehidupan masyarakat. “Saya berharap pemberian gelar kehormatan ini, dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak, untuk terus berkerja keras dan berkarya, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pagaralam,” harapnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Festival Tambua Kota Pagaralam Aan mengatakan jika Festival Tambua Tingkat Kota Pagaralam ini, dihadiri peserta dari Sumbagsel hingga Sumatera Barat.

“Ada peserta dari Linggau, Kepayang, Palembang, Manna Bengkulu Selatan, Sumbar dan lainnya. Jadi, ada sekitar 7 daerah yang ikut ambil bagian. Tujuan kita mengadakan ini, selain memeriahkan HUT Kota Pagaralam ke-22 tahun,  mengorbitkan lagi kebudayaan Minang di perantauan. Dengan terus mengembangkan lagi adat budaya, yang selama ini ada tapi tenggelam,” ungkapnya.

Mengenai pemberian gelar ‘Rajo Alam Nan Batuah’, disematkan kepada Wali kota Pagaralam Alpian Maskoni SH ini, sebut Aan, mengandung makna seorang pemimpin, yang bijaksana dan mempunyai jiwa untuk membangun Kota Pagaralam. “Ini yang kita lihat dari sosok Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH,” tutupnya. (*)   

 

Tombol Google News

Tags:

adat budaya minang gelar wako Alpian pagaralam sumatera