Waspada! Kenali Gejala Stroke Ringan di Usia Muda

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

24 Juli 2023 21:17 24 Jul 2023 21:17

Thumbnail Waspada! Kenali Gejala Stroke Ringan di Usia Muda Watermark Ketik
Ilustrasi pemeriksaan stroke. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Stroke merupakan salah satu pembunuh utama di dunia, Bahkan di Indonesia, menurut data Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), stroke termasuk dalam empat besar penyakit katastropik, yang membutuhkan biaya tinggi dalam pengobatannya dan memiliki komplikasi yang dapat mengancam jiwa.

Stroke i merupakan suatu kondisi terjadi penyumbatan pasokan darah ke otak. Kondisi ini menyebabkan beberapa bagian otak tidak mendapat cukup pasokan oksigen, sehingga menyebabkan beberapa sel otak mengalami kematian.

Umumnya stroke menyerang orang yang sudah lanjut usia, namun belakangan ini banyak anak muda yang mulai terserang stroke ringan. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui penyebabnya, agar dapat segera ditanggulangi sebelum menjadi parah. Berikut ini kami uraikan beberapa penyebab stroke ringan.

1. Kelainan Pembuluh Darah

Salah satu jenis kelainan pembuluh darah adalah aneurisma otak dan malformasi arteri. Aneurisma otak merupakan kondisi pembesaran pembuluh darah pada otak akibat dinding pembuluh darah yang lemah. Sedangkan malformasi arteri adalah pertumbuhan abnormal pada pembuluh darah baik vena maupun arteri. 

Kedua kelainan tersebut dapat menyebabkan munculnya gumpalan (stroke iskemik) atau meningkatkan risiko pembuluh darah pecah (stroke hemoragik).

2. Anemia Sel Sabit

Kondisi ini merupakan kelainan bawaan genetik yang menyebabkan sel-sel darah berbentuk (abnormal) bulan sabit. sehingga menyebabkan pembuluh darah kekurangan pasokan darah sehat dan oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh. 

Jika sampai menyebar ke otak, maka besar kemungkinan akan menyebabkan stroke di usia muda.

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mengganggu pasokan darah. Kondisi ini harus segera di obati, karena jika tidak akan menyebabkan sakit jantung dan juga stroke.

4. Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya berhati-hati, terutama jika kolesterol tersebut berjenis (low density lipoprotein/LDL). Tingginya kolesterol dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah. 

Sumbatan tersebut berisiko besar menjadi aterosklerosis, yang jika dibiarkan suplai oksigen ke otak akan terganggu, sehingga bisa menyebabkan stroke.

5. Infeksi dan Trauma Berat

Jika kepala anda pernah terjatuh dan menyebabkan trauma yang cukup berat, atau bahkan sampai gegar otak. Ada baiknya anda rajin memeriksakan diri ke dokter. Karena kondisi ini bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan sel-sel darah sehingga meningkatkan pembentukan gumpalan darah yang berujung pada stroke.(*)

Tombol Google News

Tags:

stroke kolesterol kesehatan otak Pembuluh Darah Suplai Oksigen