Yuk! Intip Keseruan HUT RI di Negeri 1001 Senja Kaimana 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

20 Agustus 2022 05:01 20 Agt 2022 05:01

Thumbnail Yuk! Intip Keseruan HUT RI di Negeri 1001 Senja Kaimana  Watermark Ketik
Suasana HUT RI di Kaimana Papua Barat. (Foto: dok. Pemkab Kaimana) 

KETIK, KAIMANA – Mendengar nama Kaimana tentu yang terlintas dalam benak sebagian orang adalah lagu legendaris yang dipopulerkan Alfian (1965) yang berjudul Senja Indah di Kaimana. Lagu tersebut diciptakan oleh Surni Warkiman (1962) yang mengisahkan tentang perjuangan Tri Komando Rakyat (Trikora) dalam perebutan Irian Barat tahun 1960-an silam. 

Semangat perjuangan Trikora pada momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) kali ini coba kembali digelorakan oleh Pemerintah Kaimana di bawah kepemimpinan Freddy Thie dan Hasbulla Furuada. 

Berbagai kegiatan pun digelar, mulai dari kegiatan lomba olahraga, lomba tarian seka, lomba bersih-bersih RT hingga pengibaran 10.000 bendera Merah Putih serta diakhiri dengan karnaval. Antusias warga Kaimana begitu nampak terasa dalam momentum peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini. 

Berikut keseruan HUT RI di Negeri 1001 Senja: 

1. Lomba Olahraga

Adapun lomba olahraga yang diadaka oleh Panitia HUT RI Kaimana Tahun 2022 yakni diantaranya Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Lari 10 Kilo. Lomba ini dimaksud untuk memberikan ruang bagi anak muda Kaimana dalam mengekspresikan potensi diri serta guna menekan angka kriminalitas di kalangan anak muda Kaimana. 

2. Lomba Seka

Seka merupakan salah satu tarian budaya orang Kaimana. Lomba seka ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kaimana agar selalu menjaga dan merawat budaya ditengah arus perubahan modernisasi yang semakin pesat terjadi. 

Foto Perayaan HUT di Kaimana. (Foto: Pemkab Kaimana)

3. Lomba Bersih-Bersih RT

Lomba bersih-bersih RT merupakan salah satu agenda yang dilombakan dengan tujuan menumbuhkan kembali semangat gotong royong antar warga masyarakat di Kaimana. 

4. Pengibaran Bendera Merah Putih

Seperti halnya isi dari salah satu poin dalam pidato rapat raksasa trikora tentang kibarkan bendera merah putih di Papua. Tujun dari agenda pengibaran bendera merah putih kali ini merupakan bentuk penghargaan terhadap perjuangan para pejuang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang rela mempertaruhkan nyawa demi merebut kemerdekaan serta menjadi refleksi atas persatuan dan kesatuan NKRI di Kaimana. 

5. Karnaval 

Karnaval merupakan agenda terakhir yang dilaksanakan oleh Panitia HUT RI ke-77 tahun 2022. Tujuannya yakni menjadi ruang bertemunya seluruh elemen masyarakat, mendekatkan pemimpim dan rakyata. Tak heran jika pada agenda ini Bupati Kaimana Freddy Thie dan Istri joget bersama masyarakatnya serta bermaim dengan anak-anak Kaimana. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kaimana Bupati Kaimana Freddy Thie