Cawabup Sidoarjo Mimik Idayana Temui Emak-Emak di Pagerwojo, Dicurhati Cara Buka Usaha

Editor: Fathur Roziq

10 Oktober 2024 14:44 10 Okt 2024 14:44

Thumbnail Cawabup Sidoarjo Mimik Idayana Temui Emak-Emak di Pagerwojo, Dicurhati Cara Buka Usaha Watermark Ketik
Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana (tengah) foto bareng emak-emak relawan warga Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, pada Rabu malam (9 Oktober 2024). (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Kehadiran calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana selalu ditunggu emak-emak dan para relawan. Rabu malam (9 Oktober 2024), Mak Mimik berkeliling lagi ke berbagai desa untuk bertemu masyarakat. Di antaranya, warga Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran.

Di sana, Mak Mimik disambut para relawan pendukung Pasangan BAIK (Subandi-Mimik). Mereka menyampaikan beragam aspirasi. Terutama, masalah perempuan dan peningkatan ekonomi warga.

Yelia Kristanti, salah satu warga Pagerwojo, mengaku sudah lama mendengar nama Mimik Idayana. Biasanya dipanggil Mak Mimik. Orangnya sering mengadakan kegiatan sosial. Kumpul-kumpul dengan emak-emak. Siapa saja dan di mana saja. Tidak pilih-pilih. Semua bisa dekat dan kumpul dengan calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana.

”Orangnya ramah. Saya lihat kegiatannya di medsos. Senang sekali emak-emak kalau ketemu Mak Mimik,” ungkapnya.

Yelia menilai, calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana adalah orang yang benar-benar peduli. Orangnya tulus. Keinginannya sangat kuat untuk memajukan kaum perempuan. Termasuk, memberdayaan ekonomi mereka agar bisa membantu keluarga.

”Kami ini sebenarnya sangat ingin buka usaha untuk membantu ekonomi keluarga,” ungkap Yelia saat bertemu Mimik Idayana di rumah relawan Pasangan BAIK di RT 11 RW 3 Desa Pagerwojo.

Mak Mimik pun menjawabnya dengan ramah. Menurut calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana, Pasangan BAIK sudah punya program untuk memberdayakan perempuan. Khususnya, peningkatan ekonomi keluarganya.

Apa itu? Salah satunya, pemberdayaan UMKM Perempuan Mandiri. Baik berupa pelatihan, pendampingan, sampai bantuan modal. Diharapkan, emak-emak dan kaum perempuan lainnya mampu membuka dan mengelola usaha.

”Kami akan lakukan penguatan UMKM perempuan mandiri. Emak-emak akan diberi pendampingan dan pelatihan untuk mengelola usaha mereka dengan lebih baik,” terang mantan anggota DPRD Sidoarjo tersebut.

Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana mencontohkan, dirinya sering mendampingi ibu-ibu membuka usaha kue tradisional. Belajar dari nol. Mencoba membuat kue sampai laku. Semua diberikan edukasi.

”Nah, sekarang pemasaran produk UMKM bisa dilakukan secara online. Emak-emak bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas,” ungkap calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana.

Tidak hanya edukasi dan pendampingin. Calon  Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana juga menyatakan sudah ada skema bantuan modal usaha hingga Rp 50 juta bagi pelaku usaha mikro. Namanya Kurda (Kredit Usaha Rakyat Daerah).

”Bantuan ini kami harapkan bisa menjadi dorongan awal bagi mereka yang ingin memulai usaha atau mengembangkan usahanya yang sudah ada,” tambahnya.

Calon Wakil Bupati Mimik Idayana berharap dukungan kaum perempuan dan emak-emak kepada Pasangan BAIK No. 1. Yang perlu diingat adalah calon yang mengenakan kerudung hijau. Satu-satunya calon perempuan di Pilkada Sidoarjo 2024 ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana Cawabup Sidoarjo Mimik Idayana Pasangan BAIK Pilkada Sidoarjo Pilkada Sidoarjo 2024 Desa Pagerwojo