Sumpah Pemuda 28 Oktober, Tekad Anak Bangsa untuk Bersatu

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

24 Oktober 2024 16:37 24 Okt 2024 16:37

Thumbnail Sumpah Pemuda 28 Oktober, Tekad Anak Bangsa untuk Bersatu Watermark Ketik
Ilustrasi Sumpah Pemuda (Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan perjalanan panjang anak bangsa untuk bersatu. Para pemuda kala itu ingin merapatkan barisan untuk tercpitanya satu tujuan, yakni Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 

Kongres Sumpah Pemuda kali pertama diadakan tangal 29 April hingga 2 Mei 1928. Dalam konggres pertama tersebut masih belum menghasilakan kuputusan final.

Dalam kongres yang diadakan di Batavia, kini Jakarta, hanya berhasil menyusun rumusan-rumusan, susunan badan pusat, gagasan persatuan, peran perempuan, dan peran agama.. 

Tokoh Kongres Pemuda pertama adalah Muhammad Tabrani. Ketika kongres, dia mengatakan bahwa banyak cara untuk membebaskan diri dari penjajah. Pidato dengan kata-kata semangat ini mendapat sambutan hangat dari peserta kongres.

Kongres Pemuda kala itu dihadiri oleh wakil organisasi pemuda yang terdiri dari Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamiden Bond, Studernaden Minahasa, Jong Bataks Bond dan Pemuda Kaum Theosofi. 

Dalam kongres, semua utusan menyepakati apa yang telah disampaikan oleh Muhammad Tabrani. Misalnya, beberapa rumusan yang disampakan selama kongres pertama berlangsung. Para pemuda yang berasal dari semua jong secara bulat sepakat untuk bersatu guna mencapai kemerdekaan Indonesia. 

Kongres pemuda yang pertama memang belum tuntas. Kongres kedua dilaksanakan 27-28 Oktober 1928. Acara kongres kali ini dilaksanakan di di tiga gedung yang berbeda, namun tetap di kota yang sama yaitu di Jakarta. 

Agenda dalam kongres kedua tersebut ditetapkan untuk menghasilkan Sumpah Pemuda, sebagai kelanjutan kongres yang pertama. Tersusun Ketua Kongres adalah Soegondo Djojopoespito dari Pemuda Pelajar Indonesia (PPI), Wakil ketua R.M. Djoko Marsaid (Jong Java), Sekretaris Muhammad Jamin (Jong Sumatranen Bond), Bendahara Amir Sjarifudni (Jong Bataks Bond)

Kongres pemuda kedua berjalan lancar. Semua wakil dari berbagai kalangan sepakat untuk mencetusakan ikrar Sumpah Pemuda yang disepakati tanggal 28 Oktober 1928. Selamat Hari Sumpah Pemuda!.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sumpah Pemuda Anak Bangsa 28 Oktober