Gus Muhdlor: Minimal Ada 54 Pemuda yang Bergerak Konsisten, Sidoarjo Akan Dekati Kejayaan

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

30 Oktober 2023 14:15 30 Okt 2023 14:15

Thumbnail Gus Muhdlor: Minimal Ada 54 Pemuda yang Bergerak Konsisten, Sidoarjo Akan Dekati Kejayaan Watermark Ketik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (empat dari kiri) diapit Ketua KNPI Kabupaten Sidoarjo Amrul Haq Zain dan Pembina KNPI Kabupaten Sidoarjo H Mursidi saat Peringatan Sumpah Pemuda pada Minggu (29/10/2023) di Hotel Fave Sidoarjo. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Minggu malam yang bersemangat (29/10/2023). Barisan pemuda beruniform biru terlihat tegap berdiri. Mereka menghadiri Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dengan segala spirit sesuai zamannya. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali berdiri di depan. Suaranya menggelora.

”Sebagai pemuda, kita harus punya kemauan. Mau meng-upgrade diri, berkumpul, meluangkan waktu, dan memikirkan hal yang lain untuk kepentingan daerah dan negara,” ucap pemuda 32 tahun itu.

Dia juga menegaskan bahwa Sumpah Pemuda didengungkan dengan 5 pesan penting. Yaitu, kemauan, sejarah, bahasa, hukum adat, dan pendidikan.

Hadirin undangan acara Peringatan Sumpah Pemuda dan Pelantikan DPK KNPI Se-Kabupaten Sidoarjo di Fave Hotel Sidoarjo Minggu malam itu pun menyimak kata-kata bupati yang masih muda tersebut.

Gus Muhdlor (sapaan Bupati Ahmad Muhdlor Ali) mengajak seluruh pemuda di Kabupaten Sidoarjo untuk tidak bersifat inferior. Jangan merasa rendah diri. Sebab, untuk menghasilkan kemajuan, daerah harus memiliki pemuda yang berkemauan, bergerak, mengisi pos-pos penting, serta menjadi aktor utama di sebuah daerah atau suatu negara.

Investasi yang terbaik bagi kemajuan daerah dan negara adalah investasi anak-anak muda yang berkualitas. Anak-anak muda yang terbaik dan berkualitas memiliki daya saing. Unggul.

”Saya harapkan minimal ada 54 anak muda yang bergerak dengan konsisten. Maka, saya yakin Kabupaten Sidoarjo akan mendekati kejayaannya,” tutur Gus Muhdlor.

Anak-anak muda yang berkualitas dan unggul sangat diharapkan saat Indonesia menuju bonus demografi, era Indonesia Emas 2045. Pada era itu, sebagian besar penduduk Indonesia adalah generasi yang berusia muda.

”Anak muda harus mempunyai proporsi khusus dibandingkan yang lain. Yaitu, menjadi tumpuan bangsa dan negara menuju Indonesia Emas Tahun 2045," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sidoarjo Amrul Haq Zain mengatakan, para pemuda harus berkontribusi positif dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo.

Dengan telah dilantiknya DPK (Dewan Perwakilan Kecamatan) KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), pemuda wajib mengawal keberlanjutan pembangunan agar Sidoarjo semakin cepat maju.

Zain juga berpesan agar pemuda bisa membangun sinergi yang baik dengan legislatif dan eksekutif. Pemuda harus peka kepada harapan dan aspirasi masyarakat serta berperan besar dalam membangun daerah.

”Kita juga harus memiliki energi, semangat, dan kreativitas yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di depan kita," katanya. (*)

Tags:

Gus Muhdlor KNPI Sidoarjo Bupati Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Sumpah Pemuda