Tak Hanya Lari, Ini Beberapa Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

9 Agustus 2023 22:44 9 Agt 2023 22:44

Thumbnail Tak Hanya Lari, Ini Beberapa Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari Watermark Ketik
Atlet balap Moto3 Indonesia Mario Aji bersama masyarakat berolahraga pagi di area Gelora Bung Karno Jakarta. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Sebelum sibuk kerja, alangkah baiknya jika kita bangun lebih pagi dan menyempatkan berolahraga. Selain menjaga kesehatan, olahraga tentu akan membuat tubuh kita lebih fresh dan semangat.

Berikut adalah beberapa contoh olahraga-olahraga ringan yang mudah dilakukan di pagi hari:

Jalan Cepat atau Berlari Kecil: Menyempatkan berjalan cepat atau berlari kecil selama 15-30 menit di sekitar lingkungan Anda tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita sebelum berangkat kerja. Modalnya juga simpel. Cukup dengan niat kuat tanpa keluar biaya.

Senam Peregangan: Lakukan serangkaian gerakan peregangan untuk merenggangkan otot-otot dan meningkatkan fleksibilitas. Terutama peregangan punggung dan inti tubuh untuk membangunkan otot-otot. Lakukan juga peregangan bahu dan leher untuk meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi.

Gerakan Yoga Mudah: Anda juga bisa melakukan beberapa pose gerakan yoga yang mudah. Itu seperti Salutation Surya, Downward Dog, atau Child's Pose.

Foto Ilustrasi gerakan jumping jack. (Foto: Photo.net)Ilustrasi gerakan jumping jack. (Foto: Photo.net)

Jumping Jacks:  Beberapa kali repetisi jumping jacks juga bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung dan membangkitkan energi. Ini adalah gerakan lompat-lompat dengan membuka lebar kedua tangan dan kaki bersamaan.

Sit-Up atau Crunches: Gerakan beberapa kali sit-up atau crunches untuk melibatkan otot perut juga bisa dilakukan untuk mencari keringat di pagi hari.

Push-Up Modifikasi: Setelah sit-up, kita juga bisa melanjutkannya dengan Push-up modifikasi untuk melibatkan otot lengan dan dada.

Foto Ilustrasi sit-up. (Foto:Photo.net)Ilustrasi sit-up. (Foto:Photo.net)

Bersepeda Udara: Berbaring di lantai dan lakukan gerakan seperti bersepeda di udara untuk melibatkan otot perut.

Gerakan Lingkar Pinggul: Lakukan gerakan lingkar pinggul dengan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas pinggul dan panggul. Tubuhmu dijamin tidak bakal kaku-kaku lagi.

Itu tadi beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan pada pagi hari. Mudah kan? Ingat, yang penting adalah bergerak dan membangunkan tubuh secara perlahan di pagi hari.

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kenyamanan Anda, dan penting juga untuk melakukan pemanasan ringan sebelum memulai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga pagi olahraga ringan