1.136 Kios Bekas Pasar Relokasi Kota Batu Siap Dilelang

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

24 Februari 2024 17:10 24 Feb 2024 17:10

Thumbnail 1.136 Kios Bekas Pasar Relokasi Kota Batu Siap Dilelang Watermark Ketik
Kios bekas relokasi pedagang pasar di kawasan Stadion Brantas Kota Batu (24/2/2024). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebanyak 1.136 kios bekas relokasi pedagang pasar di kawasan Stadion Brantas Kota Batu siap dilelang.

Lelang kios semi permanen itu setelah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang melakukan survei ke pasar relokasi tersebut.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan, KPKNL Malang mengeluarkan harga awal lelang sebesar Rp 179.732.000 untuk 1.136 kios itu.

Seperti diketahui, pembangunan pasar relokasi tersebut menelan anggaran Rp 4,7 miliar. Pasar relokasi itu dibangunan semi permanen, menggunakan rangka galvalum, atap asbes dan berdinding spandek.

"Proses lelang nanti akan berlangsung secara terbuka. Tentunya, setelah dilakukan appraisal oleh KPKNL Malang," ujarnya, Sabtu (24/2/2024).

Pemkot Batu telah bersurat ke KPKNL tentang permohonan pelaksanaan penilaian barang milik daerah (BMD). Menurut Eny saat ini lelang masih proses di Bagian Hukum untuk menerbitkan SK Walikota. Selanjutnya akan dikirim lagi ke KPKNL untuk proses lelang.

"Setelah dilakukan inventarisasi, KPKNL akan proses lelang secara terbuka. Nantinya hasil lelang kios bekas pasar relokasi tersebut, akan masuk dalam kas daerah," tambahnya.

Eny menjelaskan, nantinya kawasan stadion Brantas akan dikembalikan menjadi kawasan olahraga setelah lelang dan pembongkaran selesai. Kemudian, dikatakannya, Pemkot Batu akan melakukan pengembangan Stadion Brantas sebagai salah satu persiapan Porprov Jatim 2025.

"Setelah dibongkar dan tentunya akan dikembalikan ke fungsi awal yaitu sebagai pusat berolahraga masyarakat Kota Batu," pungkasnya.(*)

Tags:

Kota Batu Pasar Relokasi Lelang Stadion Brantas