19 Kontainer Logistik MotoGP Tiba di Sirkuit Mandalika

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Mustopa

9 Oktober 2023 07:48 9 Okt 2023 07:48

Thumbnail 19 Kontainer Logistik MotoGP Tiba di Sirkuit Mandalika Watermark Ketik
Logistik MotoGP diangkut truk kontainer tiba di Sirkuit Mandalika, NTB pada Senin (9/10/2023). (Foto: MGPA for Ketik.co.id)

KETIK, LOMBOK TENGAH – Sebanyak 19 kontainer pengangkut logistik MotoGP tiba di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (9/10/2023). Artinya, balap motor paling bergengsi di dunia itu sudah di depan mata.

MotoGP Indonesia merupakan seri ke-15 MotoGP 2023 yang akan digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Jumat-Minggu, 13-15 Oktober 2023.

Kedatangan logistik dengan berat masing-masing kontainer 500 ton tersebut melalui berbagai jalur yaitu laut melalui Tanjung Perak dan Tanjung Priok, sedangkan jalur udara melewati Bizam dan Bandara Soekarno-Hatta.

Tiba di Sirkuit Mandalika, barang-barang berharga tersebut langsung dilakukan pembukaan/pelepasan segel Bea Cukai. Disaksikan oleh Kepala Bea Cukai  Mataram Agustyan Umardani, Admin KEK Bambang Wicaksono, General Manager APlog Antono Widiagdo dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

“Ini adalah fungsi Direktorat Bea Cukai mewakili negara untuk memfasilitasi dan melancarkan pelaksanaan MotoGP 2023," kata Kepala Bea Cukai Mataram Agustyan Umardani.

Pengiriman logistik dari jalur udara menggunakan empat pesawat dari Narita, Jepang dan langsung dikirim ke Bizam, Lombok.

"Hari Sabtu kemarin kita melaksanakan pemeriksaan dari pagi jam 1 sampai malam," imbuhnya.

Agustyan mengungkapkan, kaitannya Bea Cukai ini dengan sirkuit adalah membantu dalam proses industrial assistance karena berada pada Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di mana kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ini dapat meningkatkan pariwisata sekitar Lombok hingga seluruh Indonesia.

Admin KEK Mandalika Bambang Wicaksono menambahkan, sirkuit di bawah KEK seluas 1.200 hektar ini bekerja sama dengan MGPA sebagai pelaku usaha dalam kawasan tersebut.

MGPA berhak mendapatkan barang bebas masuk tanpa pajak dalam rangka impor dan barang yang digunakan untuk MotoGP 2023 ini mendapatkan fasilitas yang sama dengan mengajukan masterlist untuk pembebasan pajak kepada administrator KEK Mandalika.

"Kita sudah memanfaatkan itu dengan tujuan akhir meningkatkan pariwisata Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyebutkan, sebagai pengelola MotoGP 2023, MGPA mendapatkan banyak manfaat. Termasuk adanya kemudahan dalam proses PP KEK.

"Ini barang datang dari luar negara bisa langsung dikirim ke Mandalika dalam keadaan tersegel dan dibuka di sini dengan tim bea cukai yang sudah siap sedia di sirkuit. Kami dari MGPA di bawah ITDC dan Injourney berterimakasih atas bantuannya meningkatkan sport tourism di Mandalika dan mendukung penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ini," pungkasnya.

Sebelumnya pihak penyelenggara telah mengirim logistik untuk kebutuhan MotoGP Mandalika. Beberapa kloter pengiriman telah sukses masuk sirkuit. 

Untuk diketahui, ajang balap MotoGP Mandalika 2023 ini akan diikuti oleh Mario Aji di kelas Moto3. Mario Aji sebagai satu-satunya pembalap asal Indonesia akan membela Honda Team Asia. (*)

Tombol Google News

Tags:

MGPA Sirkuit Mandalika MotoGP Indonesia MotoGP Mandalika 2023 Mandalika MotoGP 2023 Logistik MotoGP