2 Titik Wifi Gratis Pemkab Bondowoso Diduga Tak Ada Akses Internetnya

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

26 Januari 2024 09:30 26 Jan 2024 09:30

Thumbnail 2 Titik Wifi Gratis Pemkab Bondowoso Diduga Tak Ada Akses Internetnya Watermark Ketik
Handphone salah satu user saat mencoba terhubung ke wifi gratis Pemkab Bondowoso (Ari Pangistu for ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemberian wifi gratis bagi masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso diduga tak ada akses internetnya. Hal tersebut diketahui di dua titik internet atau wifi gratis. 

Saat awak media mencoba pada Jumat (27/1/2024), tampak user atau handphone bisa terkoneksi ke jaringan yang disediakan, namun tak memiliki akses internet.

Dua dari lima titik wifi gratis yang dicoba, yakni di Paseban Alun-alun dan radio mahardika. Keduanya sama-sama tak memiliki akses internet.

Hal itu dibenarkan oleh warga dan pedagang yang berada di Paseban Alun-alun. Bahwa jaringan wifi yang tersedia memang tak bisa dipakai internetan.

"Saya sering ke sini (Paseban). Tapi wifi yang katanya bisa dipakai masyarakat tak berfungsi," ujar seorang Mahasiswa bernama Helmi.

Sebagai mahasiswa di salah-satu perguruan tinggi di Bondowoso, Ia menyayangkan layanan internet gratis dari pemerintah tak berfungsi.

Padahal, ia sangat membutuhkan internet gratis untuk mengerjakan tugas sambil ngopi bersama teman-teman mahasiswanya.

"Ya sangat berharap ini tidak hanya menjadi gimmick saja. Harus bisa dipakailah agar bermanfaat untuk masyarakat. Apalagi seperti saya dan teman-teman ini," tegasnya.

Pengakuan senada juga disampaikan salah seorang penjual di Paseban Alun-alun. PKL yang enggan disebut namanya ini mengaku memang sejak dulu layanan internet tak bisa digunakan.

"Kalau nama jaringannya ada, bisa terhubung. Tapi internetnya enggak jalan. Kalo gitu kan sama aja tak ada layanan internet gratis," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Bondowoso, Gazal Rawan membantah bahwa jaringan internet gratis tidak berfungsi. Menurutnya, beberapa hari yang lalu jaringannya masih bisa digunakan. 

"Saya tanyakan dulu ya. Saya sampaikan dulu ke Bu Eka (Kabid Teknologi Informatika) karena ini awal tahun ini," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #PemkabBondowoso #LayananInternetGratis #DiskomInfoBondowoso