5 Air Terjun Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

26 Agustus 2023 22:25 26 Agt 2023 22:25

Thumbnail 5 Air Terjun Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Kota Batu Watermark Ketik
Suasana air terjun Coban Lanang di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Keindahan alam Kota Batu tidak perlu diragukan lagi. Kota wisata yang ada di Jawa Timur ini banyak menyajikan tempat wisata, baik wisata buatan maupun wisata alam.

Air terjun atau coban menjadi salah satu pilihan terbaik, saat anda ingin mengunjungi wisata alam di Kota Batu. 

Berikut lima rekomendasi wisata alam air terjun yang ada di Kota Batu:

1. Coban Putri

Wisata Coban Putri mulai dikenalkan ke masyarakat pada tahun 2017 silam. Tempat wisata ini dikelola Perhutani Malang bersama Karang Taruna Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Coban Putri memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi, yaitu kurang lebih 20 meter. Suara air terjun, dipadu dengan hijau pemandangan dan suhu udara yang sejuk membuat siapapun betah untuk berlama-lama berada di Coban Putri.

Pengunjung juga bisa bermain air di kolam bendung yang sengaja dibuat untuk pengunjung yang ingin bermain air di kawasan air terjun ini. Fasilitas lain yang ada di Coban Putri yaitu tempat berkemah dan medan off-road. Ada beberapa gazebo dan warung yang disediakan pengelola.

2. Coban Lanang

Coban Lanang berada di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Destinasi ini baru dibuka untuk umum pada 2017.

Air terjun Coban Lanang belum banyak dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang masih sulit ditempuh oleh kendaraan besar menjadikan keasrian wisata ini masih tetap terjaga. 

Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuruni jalur tracking menuju air terjun Coban Lanang. Saat tracking menuju Coban Lanang, pengunjung melewati warung makan atau cafe yang juga sebagai tempat membeli tiket masuk.

Selain itu, terdapat gazebo yang dihiasi taman kecil dengan pemandangan yang indah dan sejuk. Di Gazebo ini pengunjung bisa duduk bersantai melepas lelah saat tracking di Coban Lanang.

3. Coban Rais

Selanjutnya, rekomendasi air terjun di Kota Batu adalah Coban Rais. Air terjun yang berlokasi di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Pemandangan tebing di sekitar air terjun menjadi hal menyenangkan yang bisa pengunjung nikmati.

Coban Rais merupakan air terjun setinggi 70 m di lereng Gunung Panderman. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalur tracking sejauh 2 km. di jalur tracking ini pengunjung akan bertemu dengan Batu Flower Garden.

Ada juga fasilitas untuk berkemah dan outbond. Peralatan untuk outbond juga telah lengkap disediakan oleh pengelola. 

Foto Pengunjung menikmati air terjun Coban Putri Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu.(Foto: Sholeh/ketik.co.id)Pengunjung menikmati air terjun Coban Putri Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu.(Foto: Sholeh/ketik.co.id)

4. Coban Talun

Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo Bumiaji Kota Batu, Jawa Timur. Mengutip dari perhutani.co.id, Coban Talun memiliki ketinggian air terjun 50 – 60 meter dengan aliran air jernih. Air terjun ini menciptakan genangan air yang tidak terlalu dalam, sehingga relatif aman sebagai tempat bermain dan berenang. 

Daya tarik utama Coban Talun karena air terjun ini berada di pegunungan yang sangat serasi dengan lingkungan alam sekitar yang sejuk.

Coban Talun juga memiliki Kebun Bunga yang bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto. Kebun Bunga ini kerap kali dijadikan spot untuk pre-wedding.

Untuk menjelajahi alam Coban Talun, pengelola menyediakan penyewaan ATV dengan biaya Rp 30 ribu untuk 15 menit, pengunjung bisa berkeliling menikmati alam Coban Talun.

5. Coban Watu Ondo

Letak Coban Watu Ondo berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, tepatnya di Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji. Air terjun ini masih satu area dengan pemandian Air Panas Cangar.

Coban Watu Ondo memiliki dua air terjun yang saling berhadapan. Panoramanya sama-sama indah dan mengalirkan air yang segar.

Mengutip dari tahurarsoerjo.dishut.jatimprov.go.id, Air terjun Coban Watu Ondo yang sebelah kanan memiliki ketinggian 15 meter. sedangkan, yang sebelah kiri tingginya mencapai 69 meter.

Nama Watu Ondo berasal dari bahasa Jawa yang artinya, tangga dari batu. Itu lantaran untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus melewati anak tangga yang tertata rapi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu air terjun Coban putri Coban Lanang coban rais Coban Talun Coban Watu Ondo