5 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Career Switch

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

11 November 2023 01:56 11 Nov 2023 01:56

Thumbnail 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Career Switch Watermark Ketik
Ilustrasi switch career. (Foto: freepik)

KETIK, MALANG – Mencoba career switch atau pindah haluan bidang kerja merupakan salah satu keputusan yang sangat berani.

Perubahan tersebut biasanya dilandasi oleh beragam hal, seperti mencari jenjang karir yang lebih pasti, memperoleh pendapatan yang lebih baik, mendapatkan work life balance dan lainnya.

Namun ada pula yang menilih career switch lantaran bosan dengan alur kerja yang monoton atau lingkungan kerja yang toxic.

Keputusan untuk melakukan career switch harus dipertimbangkan dengan matang. Kalian harus memahami segala kemungkinan yang terjadi ketika memutuskan career switch. Jangan sampai tanpa persiapan matang, justru perjalanan karir kalian hanya akan stuck di tengah jalan.

Berikut adalah 5 hal yang setidaknya dapat kalian persiapkan untuk memulai langkah besar dalam career switch.

1. Jelajahi Minat dan Prospek Pekerjaan Baru

Sebelum mencoba berpindah bidang pekerjaan, kalian harus memastikan minat dan keterampilan yang dimiliki. Tentunya kalian berharap dengan career switch akan menemukan hidup yang lebih baik, bukan?

Pastikanlah bidang baru tersebut telah sesuai dengan keterampilan dan minat kalian. Pelajari juga prospek pekerjaan baru tersebut mampu membawa kalian ke tujuan dari awal alih bidang pekerjaan. Hal tersebut merupakan langkah awal yang krusial dalam proses perpindahan karir.

2. Buat Action Plan

Setelah menentukan arah karir baru kalian, buatlah rencana atau action plan yang jelas. Bukan hanya jangka pendek, namun buatlah strategi jangka panjang untuk meraih tujuan kalian. Kalian perlu menyertakan langkah-langkah konkret untuk dapat mencapainya. Dengan membuat action plan, setidaknya kalian dapat tetap fokus dan terorganisir selama proses perpindahan karir.

3. Ikuti Kursus

Jika bersungguh-sungguh dalam switch career, jangan ragu untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang telah kalian sasar. Mengikuti beragam pelatihan tentu akan membuat kemampuan kalian semakin dipertimbangkan. Berinvestasi dalam pendidikan untuk upgrade skill dapat meningkatkan peluang bagus dalam pekerjaan baru nantinya.

4. Re-branding Diri

Selama ini mungkin kalian telah dikenal sebagai sosok terampil di bidang perkejaan yang digeluti selama ini. Selama melakukan switch career, penting untuk memperbarui citra profesional yang sesuai dengan bidang yang disasar. Perbarui CV, portofolio maupun konten media sosial yang dapat mencerminkan bahwa diri kalian mampu dipertimbangkan untuk terjun di bidang baru tersebut. 

5. Jalin Relasi Sebanyak-banyaknya

Jaringan profesional atau relasi menjadi bagian yang sangat berharga dalam dunia karir. Luangkanlah waktu untuk memperluas jaringan kalian. Temui orang-orang, khususnya yang bekerja di bidang yang tengah kalian sasar saat ini. Jaringan ini dapat dengan mudah kalian temui dengan mengikuti acara pelatihan, kursus, seminar, maupun memanfaatkan platform profesional seperti LinkedIn agar mudah membangun hubungan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tips Karir Tips Pekerjaan Switch Career alih pekerjaan Dunia Kerja