5 Tips Membangun Rutinitas Pagi Agar Kerja Semakin Produktif

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

20 Desember 2023 01:50 20 Des 2023 01:50

Thumbnail 5 Tips Membangun Rutinitas Pagi Agar Kerja Semakin Produktif Watermark Ketik
Ilustrasi membangun kebiasaan pagi hari. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Membentuk rutinitas pagi merupakan salah satu kunci untuk mulai menjalani hari dengan lebih semangat. Mulai menata kebiasaan usai bangun di pagi hari tentu dapat membentuk pribadi yang lebih disiplin.

Ketika tubuh telah terbiasa melakukan hal positif di pagi hari, dapat berpengaruh terhadap produktivitas kegiatan setelahnya, salah satunya saat bekerja. Untuk itu berikut lima tips untuk membangun rutinitas pagi yang membuat lebih produktif dan dipenuhi energi positif.

1. Bangun Pagi

Awalilah pagi kalian dengan bangun lebih awal di pagi hari. Namun sebelum itu penting untuk memastikan kebutuhan tidur kalian terpenuhi. Ketika malam hari, tidurlah lebih awal supaya dapat memenuhi kebutuhan tidur selama 8 jam. Usai bangun pagi, bukalah jendela kalian dan rasakan udara segar yang masuk. Jangan lupa untuk minum segelas air supaya badan tetap terhidrasi.

Jika kalian merupakan orang yang susah bangun pagi, maka cobalah evaluasi jam tidur kalian. Carilah cara supaya kalian dapat tidur dengan mudah di malam hari dan bangun lebih segar. 

2. Mulailah Membersihkan Rumah

Rumah yang bersih dan rapi tentu akan semakin memberikan energi positif yang kalian rasakan. Kalian dapat memulainya dengan merapikan kamar terlebih dahulu. Rumah yang bersih akan membuat suasana lebih tenang dan terorganisir. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi diri kalian saat pulang kerja nanti. Kalian dapat langsung istirahat ataupun bersantai usai lelah bekerja tanpa perlu membereskan rumah yang kotor.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Tidak ada ruginya meluangkan waktu sejenak untuk melakukan olahraga ringan. Kalian bisa memilih olahraga seperti yoga, jalan kaki atau jogginh di luar rumah, atau sekadar peregangan. Tak hanya sehat, dengan olahraga pagi juga akan meningkatkan fokus untuk bersiap menghadapi tugas yang menanti.

4. Membiasakan Sarapan

Berikan kesempatan pada tubuh kalian untuk menerima asupan makanan di pagi hari. Dengan sarapan, akan semakin meningkatkan fokus dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas pekerjaan. Atur porsi piring kalian dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika kalian tidak terbiasa, mulailah dengan sarapan ringan seperti roti, sereal, maupun sayur dan buah-buahan.

5. Memberikan Afirmasi Positif pada Diri Sendiri

Penting sekali untuk memberikan afirmasi positif pada diri kalian sebelum berangkat kerja. Cobalah bicara pada diri kalian sendiri, memuji diri sendiri atas pencapaian yang telah dilakukan. Hal ini membantu kalian dalam menangkal fikiran negatif dan membawa diri ke arah yang lebih positif. Dengan demikian kepercayaan diri pun perlahan dapat terbangun.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kebiasaan Pagi produktivitas kerja semangat bekerja Tips Pekerjaan semangat pagi