Ada Jurusan Pertambangan, SMK Papua Bangkit Akan Dibangun di Tengah Ibukota Provinsi Papua Barat Daya

Jurnalis: Muhamad Zaid Kilwo
Editor: Muhammad Faizin

10 Juni 2024 23:15 10 Jun 2024 23:15

Thumbnail Ada Jurusan Pertambangan, SMK Papua Bangkit Akan Dibangun di Tengah Ibukota Provinsi Papua Barat Daya Watermark Ketik
Para tenaga didik, guru, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta pemangku kepentingan terkait mendukung penuh SMK Papua Bangkit. (Foto: Muhamad Zaid Kilwo/ Ketik.co.id )

KETIK, SORONG – SMK Papua Bangkit akan dibangun di Kota Sorong, ibukota Provinsi Papua Barat Daya yang berlokasi di Suprau, Distrik Maladumes Tanjung Kasuasi, Kota Sorong.

Menurut Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Provinsi Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor, SMK Papua Bangkit nantinya akan membuka beberapa jurusan. Diantaranya adalah jurusan farmasi, multimedia, pertambangan, perkantoran dan beberapa jurusan lainnya.

"Kita bersama tokoh dewan adat Papua, tokoh masyarakat, toko agama, akademisi, para dosen dan guru, tujuan dibangunnya SMK ini adalah untuk meningkatkan SDM di tanah Papua khususnya di provinsi Papua Barat Daya, ungkap Paul Finsen Mayor saat dikonfirmasi media online nasional Ketik.co.id pada Senin (10/06/2024). 

Penerimaan siswa baru akan dibuka pada 20 Juli 2024 mendatang. Adapun formulir pendaftaran akan diumumkan secara langsung oleh pihak yayasan.

Menurutnya, ada 31.200,16 (tiga puluh satu ribu, dua ratus enam belas) anak asli Papua yang saat ini belum mendapatkan pendidikan alis tidak sekolah dengan alasan itulah SMK Papua Bangkit hadir untuk menjawab ketertinggalan yang dialami oleh anak-anak asli Papua.

"Provinsi Papua Barat Daya ini akan dibangun beberapa perusahaan tambang, nah untuk menghadapi itu makanya kita siapkan sumber daya manusianya mulai dari sekarang sehingga tidak perlu lagi merekrut orang dari luar kota Provinsi PBD," pungkas Paul Finsen Mayor.

Tombol Google News

Tags:

SMK Papua Bangkit Suprau Distrik Maladumes Tanjung Kasuasi Kota Sorong Papua Barat Daya Provinsi PBD