Agar Panen Sukses, BPP Masjid Al-Akbar Surabaya Lakukan Sterilisasi Green House

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

20 September 2023 10:20 20 Sep 2023 10:20

Thumbnail Agar Panen Sukses, BPP Masjid Al-Akbar Surabaya Lakukan Sterilisasi Green House Watermark Ketik
Tim BPP MAS melakukan sterilisasi Green House. (Foto: Humas MAS)

KETIK, SURABAYA – Badan Pengelola dan Pelaksana (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) melakukan sterilisasi kawasan "Green House" yang selama ini ditanami melon agar panen yang akan datang bisa semakin sukses. 

"Kami sudah setahunan membangun Green House dan selama ini sukses saat panen, tapi kali ini agak gagal panen karena hasil panen yang baik hanya sekitar 65 persen, karena itu kami lakukan sterilisasi," kata Kepala Seksi Kebersihan dan Pertamanan MAS, Safrul Nahar, di Surabaya, Rabu (20/9/2023). 

Menurutnya, sterilisasi atau pembersihan kawsasan Green House itu penting, karena musim panas atau kemarau saat ini tanaman banyak terpapar debu, sehingga hama berkembang biak dan menyebabkan gagal panen melon.

"Biasanya, kami bisa panen melon sampai 300-an buah, tapi panen terakhir kemarin hanya 190-an dan buahnya juga enggak besar kayak biasanya," katanya. 

Selain itu, debu yang ada banyak menutupi pori-pori tanaman. "Setelah sterilisasi, kami akan memulai tanam melon lagi besok," katanya. 

Sebagai informasi, Green House merupakan tempat budidaya beberapa varian buah melon. Ada juga Urban Farming di area masjid yang memiliki berbagai tanaman pertanian seperti cabai, tomat, dan sebagainya. Semuanya ditanam dengan menggunakan teknologi modern. 

Foto Sterilisasi Green House Masjid Al-Akbar. (Foto: Humas MAS)Sterilisasi Green House Masjid Al-Akbar. (Foto: Humas MAS)

Selain itu, ada Edu Park (Taman Edukasi) yang merupakan taman pendidikan untuk mengenalkan segala jenis tanaman atau bibit tanaman. Ada sembilan konten destinasi studi lingkungan (Melati Corner, Paprika Corner, Toga Corner, dan sebagainya). 

Sejumlah tanaman obat keluarga (toga) ada di Edu Park, antara lain, kumis kucing, jahe, temu ireng, jinten, kayu mint, kayu putih, pecut kuda, rosella, binahong, sambung nyowo, ginseng, serei, dan jarak tintir. (*)

Tombol Google News

Tags:

Masjid Al-Akbar Surabaya MAS BPP Green House melon sterilisasi green house