Ajang Promosi, Pemkot Malang Bawa Produk UMKM ke Rakernas APEKSI

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

13 Juli 2023 07:05 13 Jul 2023 07:05

Thumbnail Ajang Promosi, Pemkot Malang Bawa Produk UMKM ke Rakernas APEKSI Watermark Ketik
Stan Kota Malang pada ICE dalam rangkaian APEKSI di Makassar (foto: Humas Pemkot Malang)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang tengah mempromosikan produk UMKM dalam ajang Indonesia City Expo (ICE) di Anjungan City Point of Indonesia, Makassar, Rabu (12/7/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Makassar, 11-14 Juli 2023.

Terdapat 11 produk unggulan dari UMKM Kota Malang yang dipamerkan. Mulai dari produk pangan, fashion, dan kriya. Tak hanya memamerkan produk saja, Kota Malang juga turut memeragakan secara langsung proses pembuatan batik. Alhasil, banyak pengunjung yang antusias mencoba membuat batik tulis menggunakan canting.

Para pengunjung tersebut didominasi oleh ibu-ibu. Mereka sangat antusias melihat dan membawa pulang beberapa produk unggulan Kota Malang, seperti baju daster dan juga batik.

Salah satunya ialah Wina dari Kota Serang. Ia menuturkan terpikat dengan daster dari UMKM Kota Malang yakni Red Tulip. 

“Bahannya bagus, motif dan desainnya pun menarik. Jadi sama teman-teman tertarik beli,” ucapnya usai membeli produk.

Sementara itu, stan Kota Malang di ICE hadir dengan membawa spirit penguatan layanan publik. Wali Kota Malang, Sutiaji mengharapkan keikutsertaan Kota Malang dapat dijadikan sebagai ajang promosi produk UMKM yang berdaya saing dengan berbasis ekonomi kreatif.

“Ini merupakan kolaborasi yang apik dari Dekranasda, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag), serta Disnaker PTMTSP dalam mempromosikan ekonomi kreatif Kota Malang. Itu juga bagian dari visi misi kita, mewujudkan Kota Malang yang produktif berbasis ekonomi kreatif,” ujar Sutiaji. (*)Foto Stan Kota Malang pada ICE dalam rangkaian APEKSI di Makassar (foto: Humas Pemkot Malang)Stan Kota Malang pada ICE dalam rangkaian APEKSI di Makassar (Foto: Humas Pemkot Malang)

Tombol Google News

Tags:

umkm kota malang apeksi Makassar ICE Kota Malang