Aktif Tangani Pengaduan Masyarakat, OJK Jatim Terima 447 Pengaduan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

19 Juli 2024 05:45 19 Jul 2024 05:45

Thumbnail Aktif Tangani Pengaduan Masyarakat, OJK Jatim Terima 447 Pengaduan Watermark Ketik
Kepala OJK Jatim, Giri Tribroto. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pada periode Januari s.d. 31 Mei 2024 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur telah menangani sebanyak 447 pengaduan dari konsumen Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang berkantor pusat di wilayah Jawa Timur. Pengaduan tersebut diterima melalui Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK). 

Kepala OJK Jawa Timur, Giri Tribroto mengatakan dari angka 447 tersebut 420 pengaduan telah selesai ditangani, sedangkan 27 sisanya masih dalam proses penyelesaian. 

Jenis permasalahan yang paling banyak diadukan mengenai Perilaku Petugas Penagihan (65,62 persen), Penyalahgunaan Data Pribadi (9,17 persen), Restrukturisasi/Relaksasi Kredit/Pembiayaan/Pinjaman (8,31 persen), Fraud Eksternal (Penipuan, Pembobolan Rekening, Skimming Cyber Crime) (8,02 persen) dan SIstem Layanan Informasi Keuangan (4,58 persen).

"Untuk memberikan edukasi OJK akan terus melakukan program literasi dan inklusi keuangan secara masif secara tatap muka (offline) maupun daring (online)," jelas Giri dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7/2024).

Lebih lanjut, hingga periode Juni 2024, OJK Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan pemeriksaan market conduct kepada PUJK yang berkantor pusat di Surabaya Jawa Timur secara sampling dan juga melaksanakan 124 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 19.159 orang peserta.

"Layanan edukasi tersebut dilakukan melalui beragam channel resmi OJK seperti (@OJK_Jatim; @OJK_Malang; @OJK_Kediri; @OJK_Jember)," tambahnya.

Hingga saat ini melalui channel resminya OJK Jawa Timur telah mempublikasikan sebanyak 297 postingan informasi yang dilakukan secara digital. 

"Dengan jumlah pengikut sebanyak 22.877 followers, konten tersebut telah dilihat sebanyak 168.014 viewers," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ekonomi pengaduan OJK Jatim LITERASI KEUANGAN Giri Tribroto Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen