Antisipasi Arus Mudik, Pemerintah Akan Gratiskan 6 Ruas Tol

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

22 Maret 2024 10:26 22 Mar 2024 10:26

Thumbnail Antisipasi Arus Mudik, Pemerintah Akan Gratiskan 6 Ruas Tol Watermark Ketik
Ilustrasi Gerbang Tol. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Menjelang arus mudik lebaran 2024, Pemerintah akan menggratiskan 6 ruas tol yang akan dioperasionalkan selama musim arus mudik. 6 ruas tol yang akan digratiskan terdiri dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa (JTT) dan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan prediksi arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 5 - 7 April 2024, sedangkan arus balik akan jatuh pada 14 - 15 April 2024.

"Dari survei yang dilakukan Kemenhub, prediksi jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang, jauh lebih besar dari tahun 2023 yakni 123,8 juta orang," kata Muhadjir dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (22/3/2024).

Selain penggratisan jalan tol, sebelumnya Korlantas Polri  mengumumkan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kenaikan kendaraan di jalanan. Rekayasa lalu lintas yang dilakukan antara lain ganjil-genap, one way, hingga contraflow.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut aturan penerapan rekayasa lalin diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah ditandatangani Polri bersama dengan Kemenhub dan Kementerian PUPR. 

"Sesuai dengan SKB yang ada kita juga akan melakukan pembatasan mobilitas kendaraan dengan menerapkan ganjil-genap. Artinya kendaraan yang bisa beroperasi di jalan-jalan tol tertentu yang sudah disepakati di SKB ini akan kita batasi mobilitasnya sesuai dengan tanggal pada hari itu," jelasnya.

Berikut ini 6 ruas jalan tol yang akan digratiskan pada saat pelaksanaan arus mudik 2024.

1. Tol Cimanggis-Cibitung

2. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan 

3. Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo 

4. Tol Bangkinang-Koto Kampar 

5. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

6. Tol Indrapura-Kisaran.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Mudik Arus Balik korlantas Polri Tol Gratis jalan tol trans jawa jalan tol trans sumatra