Antisipasi Arus Mudik, PT Pelni Siapkan 68 Kapal

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

7 April 2023 04:18 7 Apr 2023 04:18

Thumbnail Antisipasi Arus Mudik, PT Pelni Siapkan 68 Kapal Watermark Ketik
Kapal Penumpang. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Menyambut musim mudik Lebaran tahun 2023, PT Pelni (Persero) telah mempersiapkan 48.539 kursi per trip untuk mengangkut para pemudik.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pelni Tri Andayani yang mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pihaknya mempersiapkan 68 kapal. Rinciannya, 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis.

"Total seat 48 ribu sekali trip. Ada 71 pelabuhan dan 98 ruas. Kapal perintis di 273 pelabuhan dan melayari 3945 ruas," kata Tri 

Untuk mempersiapkan hal tersebut pihaknya telahsecara intensif melakukan ramp check pada 68 kapal tersebut. Selain itu, perusahaan juga berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) demi menjamin ketersediaan BBM untuk kapal.

Untuk tahun ini Tri memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi di tanggal 17 April dan arus balik tanggal 29 April 2023.

"Kami juga melakukan docking 68 kapal. Reguler dilakukan April-Mei tapi kami majukan jadi Februari dan Maret. Sehingga 7 April bisa beroperasi dan laik layar," imbuhnya.

Untuk tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan akan terjadi kenaikan penumpang yang cukup signifikan dibanding tahun 2022 lalu. Menurut perkiraan akan ada 123 juta pemudik pada tahun ini.

"Kementerian Perhubungan itu melakukan research, dan research yang kita lakukan, jumlah yang sekarang ini naik signifikan, dari 85 juta menjadi 123 juta, sangat tinggi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kemenhub sudah melakukan berbagai persiapan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang akan pulang kampung saat Idulfitri 2023 nanti.

Salah satunya infrastruktur dan sarana penunjang yang sudah dipersiapkan jauh hari. Hal ini penting untuk meminimalkan hal hal yang tidak diinginkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Mudik lebaran transportasi kapal PT PELNI Kemenhub