Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Sidoarjo Pastikan Lakukan Langkah-Langkah Ini

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Mustopa

1 Desember 2023 05:03 1 Des 2023 05:03

Thumbnail Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Sidoarjo Pastikan Lakukan Langkah-Langkah Ini Watermark Ketik
Suasana Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Sidoarjo pada Kamis malam (30/11/2023) di halaman Museum Mpu Tantular. (Foto: Diskominfo Sidoarjo)
KETIK, SIDOARJO – v>Jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum Sidoarjo (Bawaslu Sidoarjo) semakin solid. Kamis malam (30/11/2023), Bawaslu Sidoarjo menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di parkiran Museum Mpu Tantular, Buduran, Sidoarjo. Seluruh jajaran pengawas dipercaya mampu menunaikan tugasnya mengawasi Pemilu 2024. 
 
Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha memimpin langsung pelaksanaan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Total 500 personel pengawas hadir. Baik dari perwakilan pengawas pemilu kecamatan (panswascam) maupun pengawas dari desa dan kelurahan. Mereka siap bertugas mencegah, mengawasi, dan menindak terjadinya pelanggaran aturan pemilu.
 
Agung Nugraha menyatakan, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini merupakan konsolidasi maupun penguatan sinergi jajaran pengawas. Pemilu 2024 diharapkan berjalan dengan aman dan damai. 
 
Seluruh jajaran pengawas Pemilu 2024 se-Kabupaten Sidoarjo telah melakukan kerja pengawasan dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Termasuk, pengawasan selama masa kampanye Pemilu 2024 mulai 28 November hingga 10 Februari 2024. Pemilu 2024 merupakan sarana integrasi bangsa. 
 
”Kami percaya jajaran pengawas mampu mengawal Pemilu 2024 di Kabupaten Sidoarjo dengan aman dan damai,” ujarnya.
 
Pengawasan Pemilu 2024, lanjut Agung Nugraha, memperhatikan netralitas dan mewujudkan pemilu berkeadilan. Netralitas ini terkait sikap aparatur sipil negara, baik TNI dan Polri maupun birokrasi, yang harus netral. Pemilu berkeadilan didasari oleh perwujudan asas langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.
 
Jajaran Bawaslu Sidoarjo, lanjut Agung, akan menghadapi banyak tantangan dalam melaksanakan tugas pengawasan. Untuk itu, diperlukan komunikasi dan sinergi yang baik dengan berbagai pihak. Baik pemerintah, TNI Polri, Kejaksaan Negeri, dan pihak-pihak lain. 
 
Bawaslu Sidoarjo bersama jajaran akan terus melakukan pengawasan pemilu dengan berpatroli. Baik berkeliling mengawasi kegiatan kampanye peserta pemilu maupun patroli di dunia maya. Memantau kampanye lewat akun media sosial dan media lainnya. Pengawasan juga dilakukan  terhadap pelaksanaan tahapan-tahapan lain berikutnya selama Pemilu 2024. 
 
Selain Bawaslu Sidoarjo dan jajaran pengawas lain, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH, jajaran Polresta Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Dandim 0816/Sidoarjo, Lanudal Juanda, Satpol PP Sidoarjo, serta pimpinan dan perwakilan partai-partai politik di Sidoarjo. 
 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo H Subandi mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan pemilu damai di Sidoarjo. Aparatur pemerintah harus netral dalam pemilu. Aparatur sipil negara (ASN) diharapkan menjadi contoh yang baik dalam soal netralitas. Apanila melakukan pelanggaran, akan dijatuhkan teguran, peringatan, bahkan sanksi. 
 
Wabup Subandi juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2024 ini dengan damai dan aman. Boleh-boleh saja berbeda pilihan. Tapi, harus tetap guyub, rukun, dan menjaga silaturahmi dengan baik. 
 
”Bagaimanapun, kita tetap warga Sidoarjo yang cinta damai,” ungkap Wabup Subandi. (*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 Bawaslu Sidoarjo Wabup Subandi Pengawasan Pemilu Apel Siaga Bawaslu Pelanggaran Pemilu