Arus Balik, 12 Ribu Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Kalikangkung Menuju Jakarta

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 April 2024 08:11 13 Apr 2024 08:11

Thumbnail Arus Balik, 12 Ribu Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Kalikangkung Menuju Jakarta Watermark Ketik
Gerbang tol Kalikangkung. (Foto: Suara.com)

KETIK, SEMARANG – Memasuki musim arus balik Idulfitri terpantau banyak kendaraan yang melewati Tol Trans Jawa menuju Jakarta. Tercatat sebanyak 12.000 kendaraan  mengantre memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024). 

Saking banyaknya kendaraan yang melintas, terjadi antrian yang mengular mulai dari arah pintu tol Jatingaleh menuju Tol Krapyak lalu menuju Gerbang Tol Kalikangkung pada pukul 11.43 WIB.

Dikutip dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id, Kepala Pos Terpadu Gerbang Tol Kalilkangkung AKP Sujid R di Semarang, mengatakan kendaraan yang masuk ke Tol Kalikangkung menuju Jakarta mencapai 12.816 kendaraan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

"Dalam satu jam terakhir kami mencatat 3.462 kendaraan yang masuk serta mengarah ke arah Jakarta," katanya.

"Sementara itu untuk kendaraan yang masuk ke Semarang, sudah mencapai 5.004. Yang mana dalam satu jam terakhir mencapai 1.224 kendaraan," imbuhnya.

Lebih lanjut, AKP Sujid menyatakan arus lalu lintas dari Semarang Jawa Tengah menuju ke arah Jakarta terus meningkat pada Sabtu siang. 

"Situasi arus lalu lintas cenderung sudah naik dari 1.300 kendaraan per jam pada pukul 06.00 WIB dan pukul 11.00 WIB menjadi 3.460 kendaraan per jam," paparnya.

Mengantisipasi lonjakan kendaraan pihaknya pihaknya bersama Jasa Marga telah merencanakan akan melakukan rekayasa lalu lintas guna memperlancar arus lalu lintas. Terutama di kawasan gerbang tol agar tidak terjadi penumpukan.

"Ada tujuh gardu utama yang dibuka siang ini dan empat gardu satelit untuk memudahkan pengendara melintas,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Balik jasa marga Gerbang Tol Kalikangkung Antrean kendaraan Rekayasa Lalu Lintas Idulfitri lebaran