Atlet Unesa Berhasil Sumbang 123 Medali untuk Kontingen Jatim di PON XXI Aceh-Sumut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 September 2024 14:43 23 Sep 2024 14:43

Thumbnail Atlet Unesa Berhasil Sumbang 123 Medali untuk Kontingen Jatim di PON XXI Aceh-Sumut Watermark Ketik
Rektor Unesa, Nurhasan berfoto bersama atlet Unesa yang berhasil meraih medali di PON XXI Aceh-Sumut. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menyumbangkan sebanyak 123 medali dari total 425 medali yang diraih kontingen Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang ditutup pada Jumat, 20 September 2024. 

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Dwi Cahyo Kartiko mengatakan, atlet mahasiswa Unesa yang mengikuti PON XXI Aceh-Sumut berasal dari berbagai macam fakultas seperti Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesenian (FIKK), Fakultas Vokasi, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), hingga Program Profesi Guru (PPG).

"Rinciannya ada 36 emas, 47 perak, dan 40 perunggu diboyong atlet Unesa yang turun di puluhan cabor," jelas Dwi, Senin 23 September 2024.

Medali tersebut berasal dari berbagai macam cabor yang diperlombakan di PON XXI Aceh-Sumut. Cabor renang menjadi penyumbang terbanyak dengan 24 medali, kemudian medali dari cabor petanque, triathlon, judo hingga panjang tebing.

"Capaian ini selain membanggakan lembaga dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya, juga sebagai wujud komitmen memajukan olahraga Jatim," tambahnya.

Sementara itu, rektor Unesa, Nurhasan mengaku bangga dengan pencapaian para mahasiswa Unesa yang berhasil memperoleh medali di PON XXI tersebut. Hal ini membuktikan keunggulan Unesa dalam mencetak atlet berprestasi di bidang olahraga.

Kontribusi Unesa dalam meningkatkan prestasi olahraga di Jawa Timur merupakan bagian dari ikhtiar besar Unesa memajukan olahraga tanah air.

"Diharapkan, tradisi medali Unesa bisa dilanjutkan ke depan, tidak hanya PON, tetapi juga pada kompetisi olahraga di tingkat dunia atau Olimpiade," harapnya.

Agar tradisi juara dipertahankan dan para atlet semakin termotivasi, Unesa menyiapkan reward untuk para atlet berprestasi di PON XXI 2024. Salah satu reward-nya tentu saja berupa beasiswa pembinaan. Paling penting lagi yaitu mahasiswa yang meraih medali emas dapat dikonversi menjadi nilai tugas akhir. 

Dengan kata lain, atlet yang mendapat medali PON tidak perlu membuat skema tugas akhir berupa skripsi sebagaimana pada umumnya.

"Para atlet berprestasi ini hanya perlu membuat laporan atau profiling pengalaman, proses latihan, dan strategi mereka sampai meraih medali," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa Olahraga PON XXI Aceh-Sumut medali berprestasi atlet