Awas Hindari Konsumsi Buah ini, Jika Ingin Dietmu Berhasil

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

27 April 2023 17:00 27 Apr 2023 17:00

Thumbnail Awas Hindari Konsumsi Buah ini, Jika Ingin Dietmu Berhasil Watermark Ketik
Aneka buah buahan.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Buah adalah makanan yang penting untuk menunjang program diet bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah mengandung banyak serat yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga kandungan nutrisinya bermanfaat menjaga kondisi tubuh.

Namun, ternyata ada beberapa buah yang bisa menyebabkan efek samping bagi orang dengan kondisi kesehatan, seperti diabetes dan refluks asam. 

Seperti yang kita tau ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula didalamnya. Hanya saja perlu diperhatikan kandungan serta porsi makannya, karena beberapa buah memiliki kalori dan gula yang tinggi.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, ada baiknya menghindari konsumsi buah dibawah ini. Karena kandungan di dalamnya berpotensi malah akan menambah berat badan anda.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan sumber vitamin dan mineral penting, seperti potasium, vitamin C, dan Vitamin B. Tak hanya itu, alpukat juga kaya akan omega-3 dan serat yang mendukung kelancaran sistem pencernaan. Akan tetapi walaupun demikian konsumsi alpukat harus dibatasi karena kandungan kalorinya yang tinggi. 1 cup alpukat bisa mencapai kurang lebih 250 kalori.

2. Mangga

Mangga merupakan buah tropis yang memiliki tekstur berserat lembut dan juga memiliki rasa yang manis. Mangga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, folat, dan tembaga. Namun, di sisi lain mangga juga mengandung gula alami yang tinggi di setiap gigitannya. Hal ini yang akan mengganggu diet kamu jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Durian

Buah yang memiliki aroma khas ini dikenal memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun disatu sisi buah ini memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi. Oleh sebab itu ada baiknya menghindari buah ini jika ingin program dietmu berhasil.

4. Daging Kelapa

Kelapa merupakan buah yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hidangan khas Indonesia. Selain itu air kelapa juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Sedangkan daging kelapanya sendiri, walaupun mengandung fosfor dan tembaga, mereka cenderung berkalori tinggi hanya dengan jumlah yang sedikit.

5. Kurma

Kurma merupakan buah khas timur tengah yang memiliki cita rasa manis. Buah ini sering dijadikan sajian berbuka puasa saat bulan Ramadan. Walaupun bentuknya kecil, kurma termasuk buah yang kaya akan sumber nutrisi seperti zat besi, vitamin B6, dan tembaga. Namun ternyata jangan lupa dibalik rasanya yang manis kandungan gula buah ini cukup tinggi. Sehingga kurang tepat untuk dijadikan menu dietmu.(*)

Tombol Google News

Tags:

diet berat badan buah buahan diabetes Gula