Awas, Inilah Efek Negatif Bergadget saat BAB

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 Oktober 2023 20:40 6 Okt 2023 20:40

Thumbnail Awas, Inilah Efek Negatif Bergadget saat BAB Watermark Ketik
Ilustrasi BAB sambil bermain Gadget. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini gadget seakan tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Di berbagai kegiatan gadget sering kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita. Banyak orang merasa bosan dan hampa jika beberapa menit saja tak melihatnya. Bahkan tidak hanya pekerjaan terkadang kita sering menjumpai orang yang masih membawa ponsel saat buang air besar (BAB).

Namun perlu diketahui jika kebiasaan tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan kita. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut efek buruk yang terjadi jika kita membawa gadget saat BAB.

1. Menyebabkan wasir

Nasihat orang tua zaman dahulu yang berbunyi “ jangan kelamaan jongkok nanti ambeien” nampaknya bukan isapan jempol belaka. Berjongkok dalam waktu yang lama terutama saat BAB dapat menyebabkan otot-otot sekitar anus akan menegang. Hal itu cukup dikhawatirkan jika menegang terlalu lama. Selain itu kakimu akan mengalami kesemutan karena darah yang susah mengalir.

2. Lupa waktu

Efek buruk selanjutnya adalah lupa waktu. Dengan membawa gadget sembari BAB akan membuat durasi di toilet semakin lama. Bayangkan saja, BAB yang hanya memerlukan waktu 10-15 menit malah bisa hingga 30 menit atau lebih. Hal ini terjadi karena kamu akan sibuk bermain dengan gadgetmu dan membuatmu lupa waktu.

3. Terdapat resiko gadget tersebur ke air

Berbeda dengan toilet luar negeri yang kebanyakan merupakan toilet kering, atau terdapat pemisahan antara ruangan untuk mandi dan BAB. Toilet di Indonesia umumnya merupakan toilet basah, d imana ruangan untuk BAB dan mandi menjadi satu. Dengan mambawa gadget saat BAB akan terdapat risiko jika ponselmu akan tercebur di bak mandi.

4. Menambah kuman pada gadget

Kamar mandi adalah tempat yang dipenuhi oleh kuman. Karena hal itulah kamu dilarang berlama-lama di sana. Terlebih bagi kamu yang sering mengadakan konser di kamar mandi.

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa ponsel adalah wadah paling mudah ditempeli bakteri E. coli. Ya, bakteri yang ada di usus manusia. Jika bakteri tersebut menempel di ponsel, dan ponselmu kamu gunakan terus menerus di luar tanpa membersihkannya, kamu bisa mengalami infeksi bakteri E. coli.

5. Mengurangi konsentrasi saat BAB

Saat membawa gadget otomatis konsentrasi kita saat BAB akan terganggu. Hal ini sebaiknya tidak dianggap remeh, asal kamu tahu Saat BAB, usus seseorang akan memiliki gerakan yang dinamakan dengan peristaltik. Itu yang membuat feses berjalan ke anus. Kamu harus mengejan agar feses dapat keluar dengan lancar.

Nah, jika seseorang tidak berkonsentrasi karena fokus ke gadget, maka akan ada reverse peristaltic. Yakni feses akan naik kembali ke usus. Kalau sudah begitu, proses BAB jadi tidak lancar dan lama-lama jadi tidak sehat bagi kesehatan usus besarmu.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan BAB Gadget Kuman Usus Besar Ambeien kebersihan