Ayo Cari Tahu Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

3 November 2023 20:57 3 Nov 2023 20:57

Thumbnail Ayo Cari Tahu Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Watermark Ketik
Ilustrasi beragam makanan manis. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis tentunya sangat nikmat. Bahkan makanan manis bisa membuat seseorang bahagia. 

Ketika mengonsumsi gula, akan menghasilkan hormon serotin dan dopamin yang membuat seseorang merasa bahagia. Hormon ini dikenal memiliki peran penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.

Tak heran makanan dan minuman manis selalu digemari dan dapat membuat seseorang merasa kecanduan. Namun segala yang berlebihan memang tidak baik.

Terlalu banyak mengonsumsi gula setiap hari akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI telah menetapkan batas konsumsi gula setiap orang hanyalah 50 gram per hari, atau setara dengan 4 sendok makan.

Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menimbulkan banyak permasalahan, seperti:

Diabetes

Mengonsumsi gula tambahan dapat meningkatkan risiko resistensi insulin. Insulin dihasilkan dari pankreas yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah.

Jika terjadi resistensi insulin, maka dapat menimbulkan terganggunya metabolisme karbohidrat. Akibatnya dapat menimbulkan diabetes militus yang bisa memicu komplikasi lain.

Obesitas

Konsumsi gula berlebihan bisa memicu terjadinya obesitas. Berhati-hatilah dengan gula yang bersembunyi di dalam makanan.

Setiap membeli makanan maupun minuman, selalu perhatikan tabel nutrisinya. Cobalah menahan diri kalian ketika pergi ke kafe bersama teman, agar tidak membeli minuman yang mengandung banyak gula. 

Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi menjadi penyakit paling ringan yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. Bakteri yang terkandung di dalam mulut dapat mengubah kandungan gula yang dikonsumsi menjadi asam. Maka dari itu rajin-rajinlah menggosok gigi agar kuman tidak berkembang menimbulkan kerusakan gigi.

Tiga penyakit di atas hanyalah sebagian kecil dari dampak yang timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula. Untuk menghindari risiko tersebut, ubahlah pola hidup kalian menjadi lebih sehat.

Buatlah challenge terhadap diri kalian untuk mengurangi konsumsi gula setiap harinya. Jangan sampai kalian menyesal di kemudian hari.(*)

Tombol Google News

Tags:

Konsumsi Gula makanan manis minuman manis dampak kebanyakan gula konsumsi gula berlebih