Bali Mundur, ANOC World Beach Games Batal Digelar

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

5 Juli 2023 07:11 5 Jul 2023 07:11

Thumbnail Bali Mundur, ANOC World Beach Games Batal Digelar Watermark Ketik
Logo ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 Bali yang batal digelar. (Foto: ANOC)

KETIK, JAKARTA – Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) mengumumkan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 Bali batal digelar. Hal itu disampaikan ANOC melalui keterangan resmi mereka.

“Dengan rasa terkejut dan kecewa, ANOC mengetahui Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) telah menarik diri dari komitmen awal. Yaitu untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan ANOC General Assembly pada Agustus 2023,” tulis ANOC, Selasa (4/7/2023).

ANOC menyebut keputusan selanjutnya akan diambil dalam beberapa minggu mendatang. Hal itu untuk mengetahui lokasi dan tanggal acara baru.

“KOl menyatakan keputusan diambil setelah anggaran tidak dikeluarkan pemerintah negara dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan Olimpiade. ANOC sangat kecewa dengan tindakan KOl,” tulis mereka lagi.

ANOC menyampaikan permintaan maaf kepada NOC, atlet, dan Federasi Internasional (IF) yang telah menjadi mitra untuk acara tersebut serta kepada para penggemar di seluruh dunia.

AWBG sebenarnya rencananya digelar pada 5-12 Agustus di empat klaster lokasi di Bali. Yaitu di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Canggu.

Di lain sisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo membantah tidak adanya dana pemerintah jadi penyebab batalnya penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023.

"Tidak benar tidak mendapat dana dari pemerintah," ucap Menpora Dito melalui pesan tertulis.

Menpora menyebut pihaknya turut menyesalkan pembatalan pelaksanaan World Beach Games 2023 yang dinilai mampu meningkatkan ekonomi pascapandemi Covid-19.

"ANOC World Beach Games sejatinya mampu meningkatkan gairah ekonomi lokal pasca pandemi Covid-19. Event internasional sebesar AWBG, walau bukan kalender resmi IOC seperti Olimpiade dan baru kedua kali dilaksanakan oleh anggota-anggota ANOC, diyakini bagus untuk Indonesia dari sisi Sporttourism," jelas Menpora.(*)

Tombol Google News

Tags:

AWBG bali batal Menpora