Bangun Gedung Meteor, Pemkot Probolinggo Diapresiasi Kapolda Jatim

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: M. Rifat

26 Agustus 2023 03:39 26 Agt 2023 03:39

Thumbnail Bangun Gedung Meteor, Pemkot Probolinggo Diapresiasi Kapolda Jatim Watermark Ketik
Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto saat menandatangani prasasti pembangunan gedung Meteor, Kamis (24/8/2023). (Foto: Humas Pemkot Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Demi menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Pemerintah Kota Probolinggo mendirikan Gedung Meteor.

Gedung ini akan berfungsi sebagai command center atau pusat layanan pengaduan masyarakat, utamanya terkait gangguan sistem keamanan, penanganan kegawat daruratan, dan lain-lainnya. Gedung ini secara resmi mulai dibangun pada Kamis (24/8/2023).

Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Meteor itu. Dengan tegas jenderal bintang dua itu mengapresiasi langkah Pemkot Probolinggo dalam upaya mendukung kerja dari pihak kepolisian mewujudkan Kamtibmas masyarakat.

Irjen Pol. Toni Harmanto menambahkan, jarang ada pemimpin yang berkomitmen tinggi pada upaya menjaga keamanan seperti Wali Kota Probolinggo. Menurutnya, hanya beberapa wilayah tertentu di Provinsi Jatim yang memiliki ide dan komitmen untuk mewujudkan Kamtibmas seperti yang dimiliki Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zaina Abdidin.

“Menjadi pemimpin seperti beliau sangat tidak mudah. Ini menjadi bukti adanya kolaborasi bersama dan kepedulian sebagai pemimpin daerah terhadap masalah keamanan,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di kepolisian Jawa Timur itu, keberadaan gedung meteor akan meningkatkan terselenggaranya kondisi lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi masyarakat.

“Ini bagian sistem yang juga menjadi program saya untuk  menjadikan Kota Probolinggo dan kota-kota lainnya di Provinsi Jatim sebagai bagian dari smart city. Tidak hanya sistem tetapi disiapkan juga gedung dan sarana prasarananya yang akan memudahkan dalam pelayanan tersebut,” bebernya.

Irjen Pol Toni Harmanto tidak memungkiri, keterbatasan anggaran yang dimiliki Polri khususnya di lingkup Polres tidak bisa membangun gedung sendiri. Sehingga keberadaan Gedung Meteor ini ke depan diharapkan mampu menunjang dan mendukung sinergi antara Pemkot robolinggo dan Poles Probolinggo Kota dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya.

“Kegiatan ini menjadi jawaban atas kemitraan tadi. Dan tentunya ini juga menjadi satu langkah besar bagi kesatuan Polres lainnya untuk bisa bermitra dan berkolaborasi dengan para pimpinan daerah yang lainnya untuk bisa memperoleh dukungan yang seperti ini. Selamat dengan adanya groundbreaking pembangunan gedung Polsek Kedopok dan gedung sistem keamanan terpadu Meteor,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan, sudah seharusnya antara pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk bersinergi dan bekolaborasi dalam meujudkan Kamtibmas di masyarakat.

“Gedung Meteor ini akan terintegrasi langsung dengan layanan call center 112 yang melayani semua jenis pengaduan masyarakat mulai dari aspek keamanan, kegawatdaruratan dan lain-lainnya. Hal ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menjaga kamtibmas dan kondusifitas daerah,” katanya.

Habib Hadi  juga menyinggung perihal dibentuknya Polisi RW. Menurut Habib Hadi, keberadaan polisi RW semakin menambah sempurna kebijakan yang ditujukan untuk menjaga rasa aman masyarakat. Karenanya, Pemkot Probolinggo memfasilitasi dalam hal mempermudah pelayanan dan respon cepat Polisi RW dengan memberikan support kendaraan roda dua.

“Pemerintah mendukung penuh ide yang berdampak manfaat bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya pogram Polisi RW yang sudah difasilitasi roda dua sehingga ketika ada kegawatdaruratan, petugas dilapangan dapat segera bertindak dan mengatasinya,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

gedung meteor Pemkot Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jatim