Bank Jatim Salurkan KUR Rp2,89 Triliun Sepanjang 2023, Meningkat Dibanding Tahun Sebelumnya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Januari 2024 04:13 9 Jan 2024 04:13

Thumbnail Bank Jatim Salurkan KUR Rp2,89 Triliun Sepanjang 2023, Meningkat Dibanding Tahun Sebelumnya Watermark Ketik
Gedung Bank Jatim. (Foto: dok. Bank Jatim)

KETIK, BATU – Sepanjang tahun 2023, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) mencatatkan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 2,89 triliun. Dari jumlah itu, sekitar 96% sukses disalurkan dengan jumlah debitur 22.253.

Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan 2022 yang hanya mencapai Rp 2,5 triliun. Prosentase penyalurannya sekitar 95,19% dengan jumlah debitur 19.159 orang. Atas capaian tersebut Bank Jatim mendapatkan penghargaan sebagai bank penyalur kredit KUR terbaik se-Jawa Timur.

Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah Bank Jatim R. Arief Wicaksono mengatakan atas capaian ini menunjukkan Bank Jatim telah menjadi mitra stategis bagi para pelaku UMKM. Hal ini juga menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap penyaluran KUR juga meningkat.

"Kami bersyukur dalam perkembangannya, KUR Bank Jatim mendapatkan antusias luar biasa di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya pelaku UMKM," jelas Arief saat Sosialisasi Kebijakan Penyaluran KUR Tahun 2024 dan Evaluasi Penyaluran KUR Tahun 2023 di Batu, (5/1/2024).

Arief menambahkan, program KUR adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak (feasible) namun belum memiliki agunan tambahan (unbankable).

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembiayaan untuk meningkatkan daya saing UMKM. Selain peningkatan penyaluran KUR yang kian meningkat, Bank Jatim juga baru saja menyalurkan KUR Syariah yang baru di-launching November 2023.

"Dalam dua bulan pertama ini, KUR Syariah bank Jatim sudah bisa realisasi Rp 11,959 miliar. Kami optimis KUR Syariah akan tumbuh pesat," tambahnya.

Penyaluran KUR terhadap UMKM sendiri memegang peranan penting untuk peningkatan perekonomian di Indonesia khususnya Jawa Timur. UMKM merupakan penopang perekonomian rakyat yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Sebab, pelaku UMKM merupakan bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat dan sekaligus penopang perekonomian Indonesia," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KUR Ekonomi Bank Jatim UMKM PDB