Begini Keseruan Turnamen Catur Pertamina Indonesian GM Tournament 2024, Diikuti Pecatur Top 8 Negara

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: M. Rifat

30 April 2024 10:13 30 Apr 2024 10:13

Thumbnail Begini Keseruan Turnamen Catur Pertamina Indonesian GM Tournament 2024, Diikuti Pecatur Top 8 Negara Watermark Ketik
Ajang Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 di Hotel Artotel Gelora Senayan, Jakarta (29/4/2024). (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Turnamen catur yang melibatkan para GM dan IM berlangsung di kawasan Senayan pekan ini dari 23 April sampai 1 Mei 2024.

Turnamen yang diselenggarakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) ini bertajuk “Pertamina Indonesian GM Tournament 2024". Acara berlangsung di Hotel Artotel Gelora Senayan (dahulu Hotel Atlet Century).

Ada 12 pecatur GM dan 12 pecatur IM yang ambil bagian. Mereka berasal dari 8 negara. Selain Indonesia, ada dari Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Filipina.

Humas PB Percasi Urry Kartopati menyebut Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 menjadi ajang yang bagus bagi pecatur Indonesia untuk mendapat pengalaman bertanding berkualitas melawan para pecatur luar negeri yang berkemampuan setara atau bahkan di atas kemampuan mereka.

Selain itu, di ajang ini mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma. "Dari turnamen ini kita ingin pemain-pemain catur kita berkembang lebih pesat," ucap Urry saat ditemui Ketik.co.id di lokasi acara (29/4/2024).

Foto Pecatur GM Indonesia Susanto Megaranto (kanan) saat bertanding (29/4/2024) (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Pecatur GM Indonesia Susanto Megaranto (kanan) saat bertanding (29/4/2024) (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Di turnamen ini, Indonesia akan turun dengan kekuatan tujuh pecatur dengan rincian enam putra dan satu putri untuk turnamen GM. Sedangkan pada turnamen IM, Indonesia menurunkan 7 pemain, dengan 6 pemain putra dan seorang pemain putri.

"Kalau ikut turnamen di luar negeri sulit bisa menurunkan pecatur sebanyak itu langsung. Mumpung diadakan di sini kami ingin para pecatur Indonesia dapat pengalaman bertanding melawan pecatur-pecatur dunia," tambah Urry.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 ini menggunakan sistem Round Robin (setengah kompetisi) sebanyak 11 babak. Ajang ini juga menerapkan aturan (regulasi) yang ketat sesuai peraturan Federasi Catur Internasional (FIDE) untuk turnamen catur internasional pada umumnya.

Beberapa pecatur Indonesia yang turun di ajang ini di antaranya adalah GM Susanto Megaranto dan dan IM Jodi (Setyaki). Keduanya merupakan andalan tuan rumah Indonesia.

"Kami berharap dari turnamen ini segera lahir GM atau IM baru dari Indonesia," ucap Urry.

Sebelumnya, dalam konferensi pers, Ketua PB Percasi GM Utut Adianto bersyukur pihaknya bisa menggelar turnamen catur bergengsi ini di tahun 2024. Dia juga mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam gelaran turnamen ini. "Karena semakin banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan semakin banyak pula muncul pula para pemain catur berkelas asal Indonesia," jelas Utut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pertamina Indonesian GM Tournament Percasi