Bentuk Toleransi Sejak Dini, Sekolah Dasar di Kediri Bangun Rumah Ibadah 3 Agama

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Mustopa

10 Januari 2024 09:22 10 Jan 2024 09:22

Thumbnail Bentuk Toleransi Sejak Dini, Sekolah Dasar di Kediri Bangun Rumah Ibadah 3 Agama Watermark Ketik
Tiga rumah ibadah berjejer di SDN 2 Besowo Kepung Kabupaten Kediri. (foto : isa/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Sekolah Dasar (SD) Negeri Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri mendirikan tiga rumah ibadah sekaligus di lingkungan sekolah. Ketiga rumah ibadah tersebut adalah mushala bagi agama Islam, gereja bagi agama Kristen dan pura bagi agama Hindu. 

Kepala sekolah SDN Besowo 2, Yunus Priyambodo mengatakan pembangunan rumah ibadah ini diinisiasi dari dorongan wali murid, tokoh agama dan warga Besowo sekitar sekolah.

Dengan rentan waktu pembangunan selama 6 bulan, ketiga rumah ibadah tersebut berdiri berdampingan di sisi timur halaman sekolah. 

"Berkat dorongan dan kerjasama semua pihak, Alhamdulillah tiga rumah ibadah ini bisa berdiri," katanya, Rabu (10/1/2024).

Yunus mengaku dalam proses pembangunan tiga rumah ibadah ini dana yang diambil adalah sumbangan dari komite sekolah, warga Besowo dan beberapa donatur dari luar. Harapannya, rumah ibadah ini bisa menjadi pondasi pembentukan karakter bagi murid di SDN Besowo 2.

Dari jumlah murid yang ada, kata Yunus sebanyak 70 persen adalah beragama Islam. Sementara 20 persen adalah Hindu dan sisanya beragam Kristen. Meski begitu, warga sekitar juga bisa memanfaatkan rumah ibadah tersebut, tidak hanya diperuntukkan kepada murid semata. 

"Kami juga biasakan salat duha berjamaah bagi yang beragama Islam, doa pagi bagi yang beragama Kristen dan doa sebelum belajar bari yang beragama Hindu," ungkapnya.

Foto Proses peresmian tiga rumah ibadah di SDN 2 Besowo Kepung Kabupaten Kediri, Rabu (10/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).Proses peresmian tiga rumah ibadah di SDN 2 Besowo Kepung Kabupaten Kediri, Rabu (10/1/2024). (foto : isa/Ketik.co.id).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Mokhamat Muhsin sangat mengapresiasi adanya tiga rumah ibadah di lingkup SDN 2 Besowo. Menurutnya, bangunan ini adalah pertama kali di wilayah Kabupaten Kediri.

Diharapkan ke depan, para guru bisa istikomah dalam proses pengawasan ibadah kepada murid. Sehingga, pendidikan karakter bisa terbentuk sejak dini pada diri murid. 

"Ini menggambarkan bentuk toleransi sesama ummat beragama, dalam jangka dekat di wilayah Kandangan juga akan dibangun, tapi jenjang SMP. Semoga bentuk toleransi di wilayah Kabupaten Kediri semakin solid," terangnya usai meresmikan tiga rumah ibadah. 

Sebagai informasi, Desa Besowo terletak di wilayah ujung Timur Kabupaten Kediri, dan masuk wilayah administrasi Kecamatan Kepung. Desa yang berada di lereng Gunung Kelud ini memiliki beragam ummat beragama, yang d dominasi oleh agama Islam, Hindu dan Kristen.

Menurut Kepala Desa Besowo, Suryanto di Desa ini, selain mayoritas agama Islam ada sekitar 3 gereja, 3 pura besar dan sebagian pura kecil di depan setiap rumah warga. 

"Dengan adanya rumah ibadah baru di SDN 2 Besowo ini, warga sekitar sekolah tidak jauh lagi kalau beribadah, semoga masyarakat Besowo selalu rukun, dan generasi muda bisa terus bersama dalam toleransi," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tiga Rumah Ibadah Kediri sdn 2 Besowo sd Kediri besowo Kediri kediri toleransi beragama