Berikan Layanan Purna Jual Maksimal, Blibli Terapkan Teknologi AI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 Januari 2024 12:39 25 Jan 2024 12:39

Thumbnail Berikan Layanan Purna Jual Maksimal, Blibli Terapkan Teknologi AI Watermark Ketik
Ilustrasi return produk. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Penerapan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) saat ini sudah semakin masif diterapkan di berbagai sektor. Salah satunya adalah layanan e-commerce. 

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia telah diprediksi akan memperoleh dampak ekonomi hingga Rp5.596 triliun lewat penggunaan AI. Angka ini merupakan yang tertinggi di ASEAN.

Sebagai salah satu pelaku e-commerce di Indonesia, Blibli juga melakukan inovasi bisnis dengan penerapan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan. Hal ini dilakukan untuk memberikan layanan purna jual yang efektif dan efisien kepada para pengguna.

Head of Business Process Transformation Blibli, Azizah Purwitasari mengatakan pihaknya terus memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch yang berstandar global dalam optimalisasi pengalaman purnajual pelanggan.

Pada fase ini, Blibli menerapkan teknologi AI dan ML ditandai dengan hadirnya Solusi Retur Instan melalui website maupun aplikasi Blibli.

"Dengan Solusi Retur Instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan. Cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli," jelasnya dalam keterangan tertulis.

"Selanjutnya teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan," imbuhnya.

Azizah menambahkan Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.

Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima, dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri dengan mudah.

"Pertama, pilih dan foto barang yang ingin direturn. Kedua, lengkapi dan kirim formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau proses berjalan," tambahnya.

Saat ini, kemudahan pengembalian barang di Blibli sudah menjangkau seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan lebih dari 47.800 lokasi return points yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Blibli selalu memastikan agar barang yang dibeli dan diterima oleh pelanggan benar-benar sesuai pesanan. Jika terjadi ketidaksesuaian, Blibli juga melengkapi dengan fitur pengembalian barang yang semudah dengan proses belanjanya.(*)

Tags:

Blibli e commerce return produk AI teknologi purna jual