Berikut Alumni GMNI, KAMMI, dan IMM yang Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2024 15:10 23 Okt 2024 15:10

Thumbnail Berikut Alumni GMNI, KAMMI, dan IMM yang Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran Watermark Ketik
Pelantikan menteri di Kabinet Merah Putih oleh Prabowo. (Foto: setneg.go.id)

KETIK, MALANG – Sejumlah aktivis menghiasi jajaran Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Tak hanya dihiasi oleh aktivis dari PMII ataupun HMI, terdapat alumni dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan juga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

1. Prasetyo Hadi - GMNI
Prasetyo Hadi merupakan alumni dari GMNI yang kini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di era Prabiwi-Gibran. Sejak tahun 2008 ia merupakan Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Gerindra. Ia menempuh pendidikan S1 di UGM dengan jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan.
Pria asal Ngawi itu menjadi bertugas di Komisi II DPR RI, menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota dewan.

2. Budiman Sudatmiko - GMNI
Meskipun tidak menjabat sebagai Menteri maupun Wakil Menteri, namun alumni GMNI itu telah ditunjuk oleh Prabowo menjadi Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan. Foto-foto Budiman semasa muda ketika menjadi aktivis 98 yang menentang Orde Baru sempat menyita perhatian warganet berkat karisma dan ketampanannya. Budiman menempuh pendidikan di UGM dan sempat mendirikan Partai Rakyat Demokratik. Ia juga mantan politisi PDI Perjuangan namun bermanuver dengan bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

3. Fahri Hamzah - KAMMI
Nama Fahri Hamzah sering dikenal sebagai salah satu aktivis 98 yang berjuang atas nama reformasi. Wakil Ketua Umum Partai Gelora itu merupakan alumni, deklarator dan ketua umum pertama KAMMI. Fahri Hamzah juga mantan politikus dari PKS dan kini ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Ia kan memegang amanah tersebut dengan Maruarar Sirait yang menjadi Menterinya.

4. Abdul Mu'ti - IMM
Abdul Mu'ti merupakan alumni IMM yang kini menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Banyak masyarakat yang menyambut baik posisinya dengan harapan dapat mengevaluasi Kurikulum Merdeka yang digagas oleh Nadiem Makarim. Ia sempat menempuh pendidikan S1 di Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang dan Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah. Abdul Mu'ti juga terpilih sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027.

5. Raja Juli Antoni - IMM
Raja Juli Antoni merupakan alumni IMM yang dipilih oleh Prabowo untuk menjadi Menteri Kehutanan. Raja merupakan alumni Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Garut, Jawa Barat. Meraih gelar sarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dari IAIN atau kini menjadi UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2001.

6. Fauzan - IMM
Fauzan aktif di IMM sejak menempuh studi S1 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kini Fauzan dipilih Prabowo untuk menjadi Wakil Menteri Dikti, Sains, dan Teknologi. Posisi tersebut dinilai cocok dengannya mengingat kontribusinya dalam dunia pendidikan dengan menjadi Rektor UMM pada periode 2016-2024.

7. Fajar Riza Ul Haq - IMM
Fajar kini menjadi Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, mendampingi Abdul Mu'ti, sesama Alumni IMM. Ia merupakan Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Sukoharjo periode 2000-2001.Ia kini tengahjuga menjabat Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) PP Muhammadiyah 2022-2027, dosen S2 Ilmu Administrasi dan Badan Pelaksana Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

8. Dzulfikar Ahmad Tawalla - IMM
Ia didapuk menjadi Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran. Ia juga merupakan putra Ulama Muhammadiyah yakni KH Ahmad Tawalla. Ia juga aktif dan menjadi Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2023-2027.

9. Dahnil Anzar Simanjuntak - IMM
Kini Dahnil ditunjuk sebagai Wakil Kepala Badan Haji dan Umroh oleh Prabowo Subianto. Ia menempuh pendidikan sarjana di Ilmu Akuntansi Publik Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. Pada 2014, Dahnil terpilih sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah. Tak hanya menjadi Wakil Kepala Badan Haji dan Umroh, Dahnil juga tetap menjadi Jubir Prabowo Subianto.

Tombol Google News

Tags:

Alumni IMM Alumni GMNI Alumni KAMMI Kabinet Merah Putih