Berpamitan Jelang Akhir Masa Jabatan, Bupati Pasuruan Terharu Sebut Kebaikan Wabup

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2023 13:03 13 Sep 2023 13:03

Thumbnail Berpamitan Jelang Akhir Masa Jabatan, Bupati Pasuruan Terharu Sebut Kebaikan Wabup Watermark Ketik
Usai pidato Gus Irsyad masih menangis saat menyebut nama Gus Mujib sebagai pendamping terbaiknya

KETIK, PASURUAN – Suasana haru menyeruak dalam momen pamitan yang dilakukan bupati dan wakil bupati Pasuran dengan jajaran pengurus PCNU Kabupaten Pasuruan di gedung KH Ahmad Jufri Rabu (14/7/2023). Pasangan kepala daerah ini akan berakhir pada 24 September 2023 mendatang.

Di hadapan seluruh undangan, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyebut pasangannya, Wakil Bupati Mujib Imron sebagai sosok yang sangat berjasa membantu tugas-tugasnya memimpin Kabupaten Pasuruan. 

Bahkan Gus Irsyad -sapaan akrabnya- menyebut Gus Mujib -sapaan akrab Wabup- sebagai wakil bupati terbaik yang pernah ada. Saat menyampaikan itu, nada suara bupati terbata-bata dan menangis haru. 

Gus Irsyad yang sudah dua periode menjadi bupati Pasuran ini menyebut, kehadiran Gus Mujib betul-betul membantu kinerja bupati Pasuruan secara maksimal.

"Kalau boleh disampaikan, tanpa peran Gus Mujib, saya kepotok'an (kerepotan)," ungkap Gus Irsyad.

Dijelaskannya, sejak dilantik hingga hari ini, komunikasi dan koordinasi dengan Wabup Mujib terus berjalan dengan sangat baik. Terlebih ketika banyak program dan inovasi pelayanan publik yang harus dikawal, ada Gus Mujib yang membantu sepenuhnya.

"Tidak ada wakil bupati yang seperti beliau," tegasnya.

Satu hal penting yang paling diingat Gus Irsyad tentang Gus Mujib adalah rasa hormat kepada yang lebih muda. Meskipun dirinya lebih muda, namun Gus Mujib sangat menjunjung tinggi sikap hormat pada siapapun.

"Meskipun saya lebih muda, tapi beliau sangat hormat. Bukan karena saya Bupati, tapi sikap saling menghormati meski kepada yang lebih muda, selalu beliau jaga," terangnya

Oleh karenanya, dalam kesempatan ini, Gus Irsyad mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Gus Mujib yang telah mendampingi dirinya selama 5 tahun terakhir.

"Pak Wabup, panjenengan (anda) betul-betul luar biasa. Matur nuwon, matur nuwon, matur nuwon (terima kasih)," ucap Irsyad dengan menyeka air matanya.

Setelah selesai sambutan, Gus Irsyad meminta Gus Mujib untuk menyampaikan sambutan. Saat itu, Gus Irsyad berdiri di belakang Gus Mujib sebagai bentuk penghormatan. Karena posisi keduanya sebagai Satkorwil Banser Jatim bersama Satkorcap Kabupaten Pasuruan 

Gus Mujib juga tak kuat menahan tangis. Lantaran ia juga mengaku sangat berterima kasih kepada bupati yang telah memberikan porsi yang sangat banyak untuk dirinya bisa mewakili bupati, terjun ke masyarakat secara langsung.

"Saya sangat berterima kasih kepada Pak Bupati yang memberikan banyak kesempatan untuk mewakili beliau terjun ke masyarakat. Mulai urusan pendidikan, kesehatan sampai sosial kemasyarakatan, semuanya dipersilahkan," ungkapnya.

Saat ditanya tentang sosok kepemimpinan Gus Irsyad sebagai Bupati Pasuruan, Pengasuh Ponpes Al Yasini Areng-Areng ini memberikan pujian dan kekaguman. Sebab ia menilai, Gus Irsyad berkomitmen tinggi pada keberlangsungan Nahdhatul Ulama (NU) disamping ketaatan kepada kyai, ulama, habaib dan masyayikh yang tidak diragukan lagi.

"Dua hal yang saya kagumi dari Pak Bupati. Komitmen terhadap Nahdhatul Ulama luar biasa, dan yang kedua adalah ketaatan kepada para ulama yang harus dicontoh oleh siapapun," kata Gus Mujib.

Sebagai Wakil Bupati, Gus Mujib senantiasa menjaga porsi dirinya. Tak pelak, apapun tugas yang diberikan oleh bupati, hal tersebut menjadi sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Saya harus tahu diri bagaimana memposisikan sebagai seorang Wakil atau pembantu yang siap melaksanakan tugas dari Bupati dan menyampaikannya langsung kepada masyarakat," pungkasnya.

Para hadirin yang datang juga terbawa suasana haru. Sebab, tak banyak pasangan kepala daerah yang begitu kompak seperti itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

#Gus Irsyad Menangis Saat Menyebut Gus Mujib Dan Gus Mujib juga menangis Bupati Pasuruan Wabup Pasuruan Gus Irsyad menangis haru