Blumbang Macari, Kolam Alami Favorit Warga Kota Batu Habiskan Waktu Liburan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

12 April 2024 07:00 12 Apr 2024 07:00

Thumbnail Blumbang Macari, Kolam Alami Favorit Warga Kota Batu Habiskan Waktu Liburan Watermark Ketik
Blumbang Macari di Jalan Lahor Dusun Macari Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Blumbang Macari di Jalan Lahor Dusun Macari Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu menjadi tempat favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu libur. 

Blumbang atau Kolam alami yang airnya berasal dari mata air di sekitar kolam. Termasuk Blumbang Macari yang juga dikelilingi pohon pohon rindang. Sehingga, kesejukan air semakin terasa saat berenang di kolam ini.

"Anak anak kalau libur sekolah biasanya sering main di sini. Ya, sekedar bermain air atau berenang," kata Ananto Wibowo, warga sekitar.

Di pinggir kolam Blumbang Macari ada seutas tali yang ikatan di pohon. Tali ini berfungsi sebagai ayunan untuk bermain air. Blumbang Macari sendiri memiliki luasnya tidak lebih dari 100 m2. Sedangkan, kedalamannya tidak lebih dari 2 meter. 

"Meskipun tidak terlalu dalam, tetapi orang tua harus tetap mengawasi ketika anak anak bermain air disini," tambah Anto.

Warga setempat juga kerap memanfaatkan Blumbang Macari untuk mencuci pakaian. Karena air di sini mengalir terus meskipun musim kemarau. 

Pada tahun 2008, Blumbang Macari mendapat dana dari Program Nasioanal Pemberdyaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dan swadaya masyarakat setempat.

Sehingga tempat ini mengalami perluasan dan perbaikan. Terdapat fasilitas yang lebih lengkap dari sebelumnya salah satunya adanya kamar mandi untuk pria dan wanita.

Untuk menikmati Blumbang Macari pengunjung tidak dipungut biaya masuk atau parkir. Namun, untuk mencapainya hanya bisa dilalui oleh sepeda motor karena jalan yang cukup sempit. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Blumbang Macari Kolam alami Dusun Macari