Bus Listrik Mandek, Diganti Bus Suroboyo

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

17 Januari 2023 09:00 17 Jan 2023 09:00

Thumbnail Bus Listrik Mandek, Diganti Bus Suroboyo Watermark Ketik
Bus listrik yang saat ini mandek dan digantikan dengan Bus Suroboyo. (Foto: Dok. Dishub)

KETIK, SURABAYA – Bus Listrik yang akan beroperasi di Surabaya untuk sementara masih mandek. Dalam upaya mengatasi angkutan ini pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjuk Trans Semanggi Suroboyo (TSS) sebagai pengganti bus listrik tersebut. 

Bus Trans Semanggi Suroboyo akan melayani rute bus listrik yang mandek itu. Sedangkan rutenya dari Merr Ken Park - Gunung Anyar PP. Agar penumpang cepat sampai tujuan, maka untuk rute di atas dikerahkan lima unit Bus TSS. 

Sementara jeda waktu tunggu pemberangkatan TSS antara 15 hingga 30 menit. Halte pemberangkan seperti Surabaya Bus (SB) yang pernah beroperasi di Merr.

Sunoto, Kabit Dishub Surabaya mengatakan belum bisa memastikan kapan rute bus listrik beroperasi. "Kepastian bus listrik beroperasi masih kita tunggu. Kami harapkan secepatnya," katanya kepada awak media. 

Masyarakat Surabaya sangat menanti bus listrik yang mandek tersebut. Sebab angkutan ini sangat membantu masyarakat yang bekerja lewat rute tersebut PP.

Menurut, Herman, salah seorang karyawan di kawasan Kenjeran mengharapkan waktu tunggu bisa dipercepat. Sebab jalan yang dilalui bus listrik tersebut sering macet. Apalagi pada saat jam kerja pagi dan sore hari. 

Alasan bus listrik berhenti beroperasi karena Kemendishub masih mengevaluasi operasional bus listrik dan kontraknya.  

Agus Muttaqin, Kepala Ombusmen Republik Indonesia Jawa Timur (ORI) yang dihubungi media menjelaskan, pada prinsipnya bus listrik tidak boleh berhenti. Layanan bus di Surabaya diharapkan lebih ditingkatkan untuk kebutuhan masyarakat.  

Sukma Ts yang dihubungi Ketik.co.id merasa senang ketika bus listrik mulai beroperasi. Sebab bus tersebut rutenya melalui depan rumahnya di Kawasan Rungkut Mapan. Dia mengharapkan bus yang beroperasi rute Kenpark Gunung Anyar segera beroperasi lagi.

"Warga kawasan Rungkut sangat mendambakan adanya transportasi bus listrik maupun bus Suroboyo", kata Bu Sukma yang karyawan swasta di kawasan Waru, Sidoarjo. 

Bus Suroboyo yang berwarna merah dan ada logo ikan Suro Boyo kini hanya mempunyai tiga rute utama. Rute Purabaya (Bungurasih) Rajawali, Rute kedua Rute Merr. Ketiga terminal Intermoda Joyoboyo Jono Sujewo.

"Sementara rute Barat Timur dihentikan. Rute ini masih menunggu evaluasi," kata sumber di Pemkot Surabaya

Sebagian warga kota masih ada yang belum mengetahui cara naik Bus Surabaya. Caranya: Pertama, calon penumpang harus menunggu di halte dan disediakan media pembayaran. Pilih bus yang sesuai tujuan dan masuk dari pintu depan. Kemudian lakukan pembayaran saat masuk bus dan duduk di tempat yang disediakan. Semua penumpang diharuskan duduk dengan nyaman di bangku yang tersedia. Penumpang tidak boleh turun di sembarang tempat. Mereka harus turun di halte yang sudah ditentukan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bus listrik Bus Suroboyo