Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Konsumsi Makanan Pedas

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Arief

10 Juni 2023 11:21 10 Jun 2023 11:21

Thumbnail Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Konsumsi Makanan Pedas Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Cottonbro Studio/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Cukup banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas. Hal ini bisa dilihat dari berbagai olahan makanan dan aneka sambal yang menjadi menu pelengkap.

Namun mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut. Bisa jadi timbul peradangan di lambung karena terlalu banyak makanan pedas.

Berikut tips untuk mengatasi sakit perut akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Tidak perlu mahal, apalagi menggunakan obat obatan. Cukup memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

Air Putih

Ini salah satu cara paling ampuh mengatasi pedas. Mengatasi makanan pedas dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Air putih dalam jumlah cukup dapat menetralisir sensasi pedas di perut.

Selain air putih, Anda bisa mengonsumsi susu tanpa gula. Kandungan laktosa d idalamnya dalam membantu meredakan rasa pedas dengan cara melapisi lambung.

Makanan Bersifat Netral

Jika perut merasa tidak nyaman karena pedas, cobalah mengonsumsi makanan yang bersifat netral. Misalnya nasi putih, yogurt atau roti tawar. Namun sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak, karena bisa membuat sakit perut semakin parah.

Makanan Bersifat Menyembuhkan

Beberapa makanan memiliki sifat alami meredakan peradangan akibat makanan pedas. Sebut saja jahe yang memiliki sifat antiinflamasi.

Sifat antiinflamasi pada jahe dapat meredakan peradangan pada lambung. Selain jahe, pisang dan pepaya juga memiliki sifat penyembuhan untuk mengatasi peradangan lambung. (*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan pedas peradangan sakit perut anti Inflamasi lambung