Cegah Batu Ginjal dengan Tips Sehat Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

1 Februari 2024 06:15 1 Feb 2024 06:15

Thumbnail Cegah Batu Ginjal dengan Tips Sehat Ini Watermark Ketik
Ilustrasi batu ginjal. (Foto: Halodoc)

KETIK, JAKARTA – Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam asam yang mengendap dalam urin yang terkonsentrasi. Kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh kurangnya konsumsi cairan khususnya air putih, sehingga mineral yang ada dalam tubuh menjadi mengeras dan membentuk endapan keras mirip batu.

Selain itu gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Salah satunya kegemukan dan konsumsi garam yang tinggi.

Berangkat dari hal tersebut dokter spesialis urologi di RS Siloam ASRI, Prof. Nur Rasyid, membagikan tips untuk mencegah batu ginjal. Tips ini bisa kamu terapkan dirumah dengan mudah.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika penyebab utama munculnya batu ginjal adalah konsumsi cairan tubuh yang kurang. Oleh sebab itu penting mulai sekarang untuk membiasakan diri mengkonsumsi air putih agar kebutuhan cairan bisa terpenuhi, dan mineral ada di tubuh bisa dibuang melalui urine.

2. Batasi konsumsi garam

Konsumsi garam yang tinggi juga menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Sebab, garam bisa meningkatkan jumlah kalsium dalam urine. Kalsium adalah salah satu bahan yang bisa membentuk batu ginjal.

3. Hindari makanan tinggi oksalat

Oksalat merupakan zat yang berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal. Zat ini banyak ditemukan di bayam, bit, cokelat, dan teh hitam. Oleh sebab itu, walaupun termasuk makanan yang sehat ada baiknya dikonsumsi secara bijak.

4. Konsumsi banyak serat 

Selain dapat membantu menyehatkan pencernaan, ternyata serat juga bisa mengurangi resiko terkena batu ginjal. Serat membantu mengikat zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal dalam sistem pencernaan dan memastikan pengeluaran mereka dari tubuh.

5. Olahraga teratur

Hal terakhir yang tidak kalah penting tentu saja olahraga teratur. Olahraga membantu menjaga kesehatan umum, termasuk kesehatan ginjal.

Olahraga dapat menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyebab batu ginjal, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.(*)

Tags:

kesehatan Batu Ginjal Hidup sehat Olahraga Mineral kalsium oksalat