Cegah Hoaks Pemilu, Polres Cianjur Gelar Forum Silaturahmi Kamtibmas

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

20 Oktober 2023 07:05 20 Okt 2023 07:05

Thumbnail Cegah Hoaks Pemilu, Polres Cianjur Gelar Forum Silaturahmi Kamtibmas Watermark Ketik
Polres Cianjur menggelar Forum Silaturahmi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024, di Hotel Palace Cianjur (19/10/2023) (Foto: Humas Polres Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Polres Cianjur menggelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) dalam rangka menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Palace Cianjur, Kamis (19/10/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan bersama Forkopimda Kabupaten Cianjur dan instansi terkait serta elemen masyarakat lainnya.

Kapolres Cianjur dalam sambutannya menyampaikan Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) yang secara rutin diadakan Polres Cianjur kali ini dalam rangka pencegahan berita bohong atau hoax dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Cianjur.

"Kegiatan FSK ini digelar mengambil tema yang berbeda-beda menyesuaikan situasi dan kondisi ataupun permasalahan yang sedang dan banyak terjadi di Kabupaten Cianjur," ucapnya dilansir dari rilis Polres Cianjur.

Menurutnya, hoax ini istilah dari bahasa asing yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah berita bohong atau informasi yang tidak benar yang dibuat menjadi seolah-olah benar adanya.

"Hoax ini muncul ketika ada moment atau situasi tertentu seperti dalam menjelang Pilkada atau Pemilu, dengan berita viral yang mereka viralkan mengenai berita yang tidak benar menjadi benar dengan kepentingan kelompok maupun pribadi," terangnya.

Karenanya, kata Kapolres Cianjur, masyarakat cenderung ingin membaca dan mendengar yang mereka inginkan tanpa mengecek kembali terhadap informasi itu benar atau tidaknya.

"Situasi ini akan tumbuh menjelang pemilu yang saat ini kita akan laksanakan," tandasnya menutup pernyataan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Cianjur Forum Silaturahmi kamtibmas Pileg2024 pemilu2024