Cewek Wajib Tahu, Cara Meredakan Nyeri Haid yang Tiba-tiba Muncul

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

30 Oktober 2023 03:30 30 Okt 2023 03:30

Thumbnail Cewek Wajib Tahu, Cara Meredakan Nyeri Haid yang Tiba-tiba Muncul Watermark Ketik
Ilustrasi nyeri saat menstruasi. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Setiap perempuan memiliki pengalaman menstruasi yang berbeda. Ada yang tidak memiliki gejala nyeri, ada nyeri yang masih dapat ditahan, namun ada juga hingga pingsan akibat nyeri haid.

Kram atau nyeri yang tiba-tiba muncul saat menstruasi tentunya menjadi musuh bebuyutan perempuan. Hal tersebut sangat menggangu dan menghambat aktivitas sehari-hari. 

Setiap perempuan tentu memiliki cara tersendiri untuk menghadapi sakitnya nyeri saat menstruasi. Mencegah nyeri haid dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengatur pola hidup sehat.

Namun jika nyeri haid tiba-tiba muncul, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. 

1. Tidur

Beberapa perempuan meredakan nyeri haid dengan cara tidur. Tak usah khawatir atau cemas lantaran tidur kalian dapat mengganggu pekerjaan. Kalian tidak harus tidur selama berjam-jam.

Meskipun hanya tidur ayam, saat terbangun nanti nyeri haid dapat perlahan berkurang. Luangkanlah waktu beberapa menit untuk tidur sejenak supaya nyeri haid mereda san kalian dapat beraktivitas dengan nyaman.

2. Kompres Air Hangat

Kompres area perut kalian dengan air panas. Efek panas yang terkena bagian perut mampu meredakan kram dan membantu otot rahim sekaligus organ di sekitarnya menjadi lebih rileks.

Kalian dapat memasukkan air hangat ke dalam botol kaca maupun kantong air. Jika kalian ingin lebih fleksibel dalam bergerak, kalian dapat menempelkan plester menstruasi yang memberikan efek hangat terhadap perut.

3. Pijat Bagian Perut 

Pijat perlahan area perut yang kram akibat menstruasi. Gunakanlah sedikit minyak esensial maupun minyak pijat lainnya untuk meregangkan otot-otot pinggul. Cara ini bagi beberapa perempuan dikenal efektif. Upayakan juga untuk meluruskan kaki dan perut. Meskipun terasa sakit, namun dengan pijatan lembut mampu meredakan nyeri haid yang tiba-tiba muncul.

4. Beraktivitas Ringan

Gerakkan badan kalian dengan perlahan ketika terasa nyeri di perut. Lakukanlah olahraga maupun aktivitas ringan supaya nyeri haid dapat mereda. Kalian dapat melakukan peregangan, berjalan-jalan sebentar, maupun melakukan gerakan yoga. 

Tombol Google News

Tags:

Nyeri haid Menstruasi meredakan nyeri haid girls thing