Contoh Keberlanjutan Kepemimpinan yang Baik

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: M. Rifat

28 Desember 2022 04:40 28 Des 2022 04:40

Thumbnail Contoh Keberlanjutan Kepemimpinan yang Baik Watermark Ketik
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama Presiden AS ke-44 Barrack Obama. (Foto: IG White House)

KETIK, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) sampai saat ini masih menjadi contoh yang baik dalam menerapkan keberlanjutan kepemimpinan di sebuah negara demokrasi. Salah satu contoh kecilnya ditunjukkan Presiden AS saat ini Joe Biden di media sosial pada Rabu pagi (28/12).

Dalam unggahan video akun resmi White House tersebut, Biden tampak menyambut kedatangan Presiden AS ke-44 Barrack Obama di ruang kerjanya yakni di Ruang Oval, Gedung Putih.

Setelah berjabat tangan dan berpelukan, Biden mengajak Obama untuk berkeliling melihat-lihat ruang kerjanya. Obama saat itu begitu takjub dengan gaya interior yang dipilih Biden. Obama makin sumringah ketika Biden menunjukkan salah satu foto yang terpajang di dinding.

Itu adalah foto Obama ketika meresmikan program Affordable Care Act atau yang kerap disebut sebagai Obamacare pada 2010 silam. Saat dia masih menjabat sebagai presiden. Dan foto tersebut sampai saat ini ternyata masih dipajang dengan rapi oleh Biden di ruang kerjanya.

"Kamu masih ingat ini?," tanya Biden kepada Obama. Obama langsung tersenyum lebar dan menjawabnya, "Ya, jelas," ucapnya.

Ya, meski tampuk kepemimpinan berganti, penghormatan untuk pemimpin sebelumnya memang seyogyanya tetap harus dijaga. Itu terlepas dari pandangan politik yang berbeda.

Apa yang ditunjukkan para pemimpin AS ini jelas bisa menjadi contoh baik bagi kematangan berdemokrasi. Tidak terkecuali di Indonesia.

Apalagi, seperti diketahui, belakangan tersebar kabar Pj Gubernur DKI Jakarta saat ini Heru Budi Hartono terkesan seperti sedang bersih-bersih seluruh jejak peninggalan Gubernur DKI Jakarta sebelumnya yakni Anies Baswedan.

Salah satunya adalah slogan DKI Jakarta yang diganti dengan 'Sukses Jakarta untuk Indonesia'. Sebelumnya, di zaman Anies Jakarta sudah punya slogan yakni 'Kota Kolaborasi'.

“Apa yang dilakukan Pj Gubernur DKI adalah kebijakan yang tidak substansi dan asal beda saja, terkesan ingin menghapus jejak Gubernur Anies Baswedan,” ujar Muhammad Iqbal, juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lewat keterangan tertulis pada Senin, 12 Desember 2022.

Menurut Iqbal, slogal Jakarta Kota Kolaborasi sudah sangat bagus, sesuai dengan kondisi kekinian dan cocok untuk semua golongan. Seharusnya, kata dia, tidak perlu diubah, apalagi masa jabatan  hanya satu tahun. Menurut dia, Heru terkesan melakukan "De-Aniesisasi”. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

Biden Obama DKI Anies