KETIK, SORONG – Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada 4 September menjadi momentum mengevaluasi dan mendengarkan masukan untuk terus meningkatkan pelayanan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Mengusung tema “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”, BPJS Ketenagakerjaan serentak menghadirkan kemeriahan di seluruh kantor cabang di Indonesia melalui berbagai kegiatan.
Tak hanya itu, Harpelnas tahun ini juga dimanfaatkan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas untuk mengunjungi dan mendengar kisah-kisah inspiratif dari peserta yang telah merasakan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Tak terkecuali Dewas Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Yayat Syariful Hidayat. Dalam agenda kunjungan ke perusahaan Yelu Mutiara dan Yefga yang berada di Kepulauan Misool Raja Ampat Papua Barat Daya, dia didampingi tim pelayanan wilayah Banuspa pada 3 dan 4 Sepetember 2024 lalu.
Yayat datang untuk ingin memastikan bahwa di sudut-sudut ibu pertiwi, para peserta mendapatkan kualitas layanan BPJS Ketenagakerjaan secara merata.
“Kedatangan saya ke Misool ini merupakan bentuk kami memastikan kualitas layanan yang diberikan insan BPJS Ketenagakerjaan sama dan merata di seluruh wilayah Indonesia, dengan jarak tempuh cukup jauh di mana cara melewatinya hanya bisa dengan kapal laut dengan ombak yang lumayan tinggi bagi saya, semoga saya bisa menyaksikan langsung kualitas layanan kami," ujar Yayat Kamis, 5 September 2024
Melaksanakan tugas di area kepulauan tentu memiliki tantangannya sendiri. Namun, Taufik Wijaya yang akrab disapa Bonny, Diektur Utama PT Yellu Mutiara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang budidaya mutiara untuk ekspor ke beberapa negara menyatakan selama ini komunikasi dengan BPJS Ketenagakerjaan lancar. "Setiap ada case dapat dilayani dengan baik," ucap Bonny.
Perusahaan ini ternyata juga perusahaan yang mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Paritrana Award tingkat provinsi. "Iya betul, PT Yellu Mutiara mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Paritrana Award tingkat Provinsi tahun 2024 ini," ucap Fahd Afkar Hakiki, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Raja Ampat.
Selain memaparkan sosialisasi tentang Jamsostek Mobile, Yayat juga menjelaskan terkait program SERTAKAN (Sejahterakan Pekerja di Sekitar Anda), di mana pekerja yang sudah mengetahui manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bisa menjelaskan tentang program dan manfaat yang akan diterima setelah itu.
Yayat juga menjelaskan manfaat layanan tambahan berupa kepemilikan rumah yang disambut baik oleh peserta yang hadir. Itu karena mereka memiliki harapan untuk memiliki hunian impian mereka sendiri.
Menutup rangkaian kegiatannya tersebut, Yayat mengajak seluruh peserta untuk peduli terhadap pentingnya jaminan sosial bagi diri sendiri dan orang-orang terdekat. Pihaknya juga berkomitmen BPJS Ketenagakerjaan selalu siap untuk memberikan pelayanan prima dan setulus hati bagi seluruh peserta. (*)