Disdikbud Pamekasan Sosialisasi Penulisan Ijazah untuk Minimalisasi Kesalahan

Jurnalis: Supyanto Efendi
Editor: Mustopa

14 Juni 2024 06:26 14 Jun 2024 06:26

Thumbnail Disdikbud Pamekasan Sosialisasi Penulisan Ijazah untuk Minimalisasi Kesalahan Watermark Ketik
Disdikbud menggelar sosialisasi tata cara pengisian dan penggantian blangko ijazah SD. (Foto: Supyan/ketik.co.id)

KETIK, PAMEKASAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan menggelar sosialisasi tata cara pengisian dan penggantian blangko ijazah Sekolah Dasar (SD), Jumat (14/6/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, diikuti 13 kordinator wilayah kecamatan, kepala sekolah dasar dan perwakilan gugus.

Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini melalui Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang ajaran baru.

"Kita memberikan pedoman dan tata cara kepada kepala sekolah bagaimana penulisan ijazah yang benar, karena ijazah salah (satu) bukti tanda lulus dan akan digunakan untuk persyaratan mendaftar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi," katanya.

Pihaknya menegaskan, sosialisasi penulisan ijazah ini sangat penting diketahui oleh guru khususnya guru kelas. Sebab menurutnya, hal itu sebagai upaya untuk mendorong sekolah agar penulisan ijazah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Foto Peserta sosialisasi tata cara pengisian dan penggantian blangko ijazah SD. (Foto: Supyan/ketik.co.id)Peserta sosialisasi tata cara pengisian dan penggantian blangko ijazah SD. (Foto: Supyan/ketik.co.id)

Selain penting untuk diketahui semua kepala sekolah dan guru kelas, pihaknya juga meminta untuk memahami cara pengisian di kolom-kolom ijazah dan yang terpenting harus teliti dan hati-hati.

"Agar meminimalisir kesalahan, disarankan antisipasinya berlapis. Misalnya ditulis dengan pensil dulu kemudian dicek dan jika yakin sudah benar maka dinaikkan," sarannya.

Yang tidak kalah penting lagi, lanjut Taufik Hidayat, sumber data yang akan diinput harus valid dan dipastikan kebenarannya.

"Harapan kami dengan kegiatan sosialisasi ini bisa meminimalisir kesalahan dan syukur-syukur apabila nihil kesalahan pada proses pengisian ijazah," harapnya.(*)

Tags:

Sosialisasi tata cara pengisian ijazah