Disembunyikan di BH, Smartphone Gagal Diselundupkan ke Rutan Medaeng

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Marno

9 Oktober 2023 12:44 9 Okt 2023 12:44

Thumbnail Disembunyikan di BH, Smartphone Gagal Diselundupkan ke Rutan Medaeng Watermark Ketik
Pelaku menunjukkan barang bukti usai tertangkap basah oleh petugas. (Foto : Humas Kemenkumham Jatim for Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Nyali besar yang dimiliki perempuan berinial JS asal Pakis Gunung, Surabaya ini patut disayangkan. Karena keberaniannya dimanfaatkan untuk hal yang salah. Ia nekat menyelundupkan barang terlarang ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surabaya, yang lebih dikenal Rutan Medaeng.

Beruntung aksinya berhasil digagalkan petugas Rutan Surabaya. Ia kedapatan membawa sebuah Smartphone yang disembunyikan di dalam Breast Holder (BH) yang dikenakan, Senin (9/10).

"Smartphone disembunyikan di pakaian dalam, tepatnya di sekitar bagian dada pengunjung tersebut," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Foto Saat pemeriksaan X-ray, keberadaan Smartphone terlihat jelas di bagian dada. (Foto : Humas Kemenkumham Jatim for Ketik.co.id)Saat pemeriksaan X-ray, keberadaan Smartphone terlihat jelas di bagian dada. (Foto : Humas Kemenkumham Jatim for Ketik.co.id)

Aksi percobaan ini dilakukan YS saat hendak mengunjungi kakaknya berinisial YA yang mendekam dalam Rutan Surabaya akibat kasus pencurian.

"Berhasil digagalkan petugas saat melakukan penggeledahan badan atau body scanning menggunakan x-ray," ungkap Heni.

Di tempat lain, Karutan Surabaya Wahyu Hendrajati mengungkapkan jika Smartphone yang hendak diselundupkan merupakan barang pribadi YA yang ada di rumah. Kemudian ia meminta tolong pada adik kandungnya, JS untuk dibawakan saat kunjungan tatap muka di Rutan Surabaya.

"Akibat perbuatannya, JS diberikan sanksi tidak boleh berkunjung ke Rutan Surabaya selama 60 hari ke depan. Sedangkan YA warga binaan pemasyarakatan yang terlibat akan masuk sel pengasingan selama dua pekan," tegas Hendrajati.

Keberhasilan petugas menggagalkan penyelundupan ini merupakan capaian signifikan, terlebih ini merupakan kali ketiga petugas menggagalkan penyelundupan. Ke depan, pihak rutan akan semakin menggencarkan pemeriksaan terhadap seluruh pengunjung yang hendak masuk Rutan.

"Kami tidak akan mentolerir segala bentuk pelanggaran dan tindakan ilegal, kami akan berantas," tutup Hendrajati. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkumham Jatim Rutan Surabaya Rutan Medaeng Penyelundupan HP BH sidoarjo Surabaya