Dua Jalan Utama Kota Batu Diperbaiki Minggu Depan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

16 Oktober 2024 15:00 16 Okt 2024 15:00

Thumbnail Dua Jalan Utama Kota Batu Diperbaiki Minggu Depan Watermark Ketik
Jalan Pattimura Kota Batu yang akan diperbaiki oleh DPUPR Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu akan memperbaiki Jalan Ir Soekarno – Pattimura dan Jalan Sultan Agung. Keberadaan dua jalan tersebut sangat vital, karena merupakan Jalan nasional yang menjadi jantung Kota Batu. 

Diketahui, Jalan Ir Soekarno – Pattimura merupakan akses utama menuju Kota Batu. Sementara, di Jalan Sultan Agung terdapat banyak hotel dan tempat wisata. Serta akses utama menuju Stadion Brantas Kota Batu.

"Ruas Jalan Ir Soekarno – Pattimura yang akan diperbaiki sepanjang 4 kilometer. Sedangkan ruas Jalan Sultan Agung sepanjang 0,94 kilometer," urai Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Selasa 16 Oktober 2024.

Proses pengerjaan penanganan jalan dilakukan langsung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Dimana sebelumnya Pemkot Batu telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat.

“Alhamdulillah proposal kami disetujui oleh Kementerian PUPR. Karena itu, kami patut berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah merespon proposal pengajuan perbaikan jalan Kota Batu," katanya.

Alfi menguraikan, perbaikan jalan utama tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Penandatanganan surat perjanjian kontrak konstruksi paket preservasi telah dilakukan. Dikatakannya, proses pengerjaan rencananya akan dimulai pekan depan.

"Waktu pelaksanaan pekerjaan berlangsung selama 85 hari kalender. Ditargetkan proses pengerjaan selesai pada 31 Desember 2024," tambahnya.

Alfi mengimbau kepada seluruh masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Batu, harus bersabar. Karena arus lalu lintas akan sedikit terganggu pada saat pengerjaan proyek tersebut.

Ia juga mengimbau masyarakat menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan utama. “Silahkan menggunakan ruas-ruas jalan alternatif atau mengikuti rambu petunjuk dan mengikuti saran petugas di lapangan,” ulasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jalan Sultan Agung Jalan Pattimura Jalan Ir Soekarno