Dukung UMKM, Mufway 2023 Hadir Sapa Pecinta Fashion Muslim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

1 April 2023 07:28 1 Apr 2023 07:28

Thumbnail Dukung UMKM, Mufway 2023 Hadir Sapa Pecinta Fashion Muslim Watermark Ketik
Salah satu rancangan karya Ulfa Mumtazah yang berupakan perserta Mufway 2023.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menyambut bulan Ramadan, Muslim Fashion Runway (Mufway) kembali di gelar di Pakuwon Mall pada Jumat (31/3/2023). Menghadirkan berbagai busana muslim hasil karya para desainer dalam negeri, seperti Surabaya, Malang, Gresik Hingga Bandung.

Mufway 2023 kembali digelar untuk ketiga kalinya, untuk  meramaikan momen Ramadan. Selain itu, kegiatan ini dihelat untuk membantu para pelaku UMKM di industri fesyen muslim dalam mengembangkan usahanya.

Founder Mufway Dian Apriliana Dewi menjelaskan jika acara fashion ini digelar untuk memberikan wadah bagi desainer dan pelaku Industri Fashion khususnya UMKM untuk mengembangkan brand mereka melalui kreativitas dalam berkarya.

Foto Para desainer yang ikut berpartisipasi dalam gelaran Mufway 2023. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para desainer yang ikut berpartisipasi dalam gelaran Mufway 2023. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Apalagi Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia saat ini menduduki peringkat ke tiga untuk fesyen muslim setelah Uni Emirat Arab dan Turkey.

Perkembangan dunia fesyen muslim ini semakin luar biasa. Cita-cita daripada Indonesia adalah menjadi kiblat fesyen dunia. Dan kita sudah mendekati itu. Apalagi Wapres juga mengungkapkan jika ekspor fesyen muslim di Indonesia meningkat signifikan 12,5 persen atau mencapai USD 4,6 miliar di 2021," jelasnya.

Salah satu desiner yang ikut berpartisipasi Ulfa Mumtazah menjelaskan pada penyelenggaraan Mufway kali ini dirinya mengambil tema Victory Flower yang artinya bunga kemenangan. Desain ini sendiri cukup berbeda dari koleksi sebelumnya yang mana dirinya selalu menyelipkan batik. Namun khusus kali ini karena permintaan customer dirinya mencoba sesuatu yang baru dengan tidak menggunakan batik sama sekali.

"Jadi untuk tema busana kali ini saya mengambil Victory Flowers yang menggunakan dasar warna putih dan dipenuhi dengan motif bunga tempel warna warni. Untuk potongan memakai yang longgar agar mudah dikenakan," ungkap Ulfa

Dalam membuat busana, Ulfa menambahkan tantangannya adalah menempelkan bunga warni warni ini busana secara satu persatu. 

"Kesulitas dari pakaian yang saya desain ini adalah menempelkan bunganya satu per satu. Selain itu pakaian yang saya buat konsepnya two piece jadi bisa di padu padankan dengan busana yang lain," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara tahunan ini berlangsung mulai 31 Maret-9 April 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Fashion Muslim Mufway 2023 UMKM Desainer Pakuwon Mall Surabaya Ramadan Busana Muslim