Eko Utomo Sampaikan Pesan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Lukisan Berjudul Kota Kita

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

29 Oktober 2023 14:02 29 Okt 2023 14:02

Thumbnail Eko Utomo Sampaikan Pesan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Lukisan Berjudul Kota Kita Watermark Ketik
Eko Utomo berfoto bersama lukisan karyanya.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Melalui seni seorang seniman dapat mengekspresikan imajinasi dan inspirasinya ke dunia nyata. Salah satunya melalui seni lukis seperti yang dilakukan oleh Eko Utomo.

Dalam pameran yang diselenggarakan Urban Art Consortium, Eko Utomo memamerkan lukisannya yang diberi judul Kota Kita. Sesuai dengan tema yang diusung yakni "Beyond Vision" yang menggambarkan pembangunan kota yang tidak hanya berfokus pada masa kini tetapi juga masa depan.

Lukisan ini terinspirasi dari keadaan kota asalnya yakni Jombang yang mana dalam melakukan pembangunan pemerintah hanya fokus pada daerah pusat pemerintahan saja. Sedangkan Kabupaten Jombang memiliki wilayah luas yang sebagian besarnya belum tersentuh oleh pembangunan. 

Oleh sebab itu berangkat dari hal tersebut ia ingin memberikan gambaran mengenai pembangunan kota yang tidak merata dan banyak permasalahannya.

"Untuk kota saya yakni Jombang selama ini yang dibangun hanya wilayaj kota saja, sedangkan wilayah lain yang agak jauh dari pusat kota itu tidak begitu dihiraukan oleh pemerintah," jelasnya saat ditemui di Pameran Urban Art Consortium di Jalan Sonokembang Nomor 02, Minggu (29/10/2023).

Eko menambahkan, dalam pembangunan di daerah ia menemui banyak program pembangunan yang sepertinya kurang koordinasi antar instansi. Hal ini terlihat melalui pembangunan sarana publik yang mangkrak, kabel yang semrawut dan saluran air yang terlihat tidak dirawat.

"Selain itu juga dalam pembangunan terutama di wilayah terpencil banyak lahan produktif yang diuruk untuk membangun gedung. Hal ini kan mencerminkan pembangunan yang tidak berkelanjutan," tambahnya.

Pria yang juga merupakan seorang guru seni budaya di Sekola Menengah Pertama (SMP) ini ingin berpesan melalui lukisannya dimana pembangunan harus memperhatikan lingkungan dan jangan sampai merusak alam yang ada. Selain itu pembangunan harus merata agar setiap wilayah dapat merasakan manfaat yang sama.

"Terutama di desa itu pembangunannya pasti jauh sekali dengan kota. Padahal pembangunan sejatinya harus merata karena pedesaan dan perkotaan itu saling menopang. Hal ini juga penting untuk kelanjutan pembangunan di masa depan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Lukisan Kota Kita Eko Utomo pembangunan kota Pedesaan Lingkungan