Exco Sepakat, PSSI Segera Laksanakan KLB !

Editor: M. Rifat

29 Oktober 2022 03:50 29 Okt 2022 03:50

Thumbnail Exco Sepakat, PSSI Segera Laksanakan KLB ! Watermark Ketik
Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat menyampaikan keterangan pers bersama Exco PSSI (28/10). (Foto : Tangkapan layar Youtube PSSI)

KETIK, JAKARTA – Langkah besar akhirnya diambil Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk memutuskan kelangsungan kepengurusan organisasi mereka saat ini. Dalam saluran resmi Youtube PSSI Jumat malam (28/10), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan bahwa pihaknya akhirnya sepakat untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) secepatnya.

Iriawan menuturkan, langkah tersebut diambil setelah PSSI menggelar Executive Committee (Exco) Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 anggotanya. Rapat penting tersebut berlangsung di kantor mereka yakni di GBK Arena, Jakarta Pusat.

"Executive Committe Emergency Meeting memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam saluran YouTube resmi PSSI kemarin.

"Maka, Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai," tambah Iriawan dalam video yang sama.

Purnawirawan Polisi jenderal bintang tiga itu menambahkan, Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan setelah memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya. Itu dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. "Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI," ucap Iriawan menegaskan.

PSSI selanjutnya akan berkirim surat ke FIFA untuk pemberitahuan KLB berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut akan dirilis PSSI pada Senin (31/10). Dalam Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB dapat dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters), mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

Sampai saat ini, ada empat klub anggota PSSI yang sudah vokal dan mendesak untuk diadakan KLB. Persis Solo dan Persebaya Surabaya jadi dua klub yang telah bersurat resmi ke PSSI. Sementara dua klub lainnya adalah Madura United dan PSM Makassar. (*)

Tombol Google News

Tags:

KLB PSSI