Fakultas Vokasi Unair Beri Penguatan Bisnis bagi Puluhan UMKM Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

15 Juli 2024 16:11 15 Jul 2024 16:11

Thumbnail Fakultas Vokasi Unair Beri Penguatan Bisnis bagi Puluhan UMKM Kota Malang Watermark Ketik
Pelatihan yang dilakukan oleh Fakultas Vokasi Unair kepada pelaku UMKM Kota Malang. (Foto: Fakultas Vokasi Unair for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) terus mewujudkan komitmen untuk membina pelaku UMKM. Salah satunya dengan memberikan pelatihan implementasi strategi bisnis pada UMKM di Kota Malang. 

Pelatihan yang digelar pada Sabtu (13/7/2024) lalu itu diikuti oleh 30 UMKM se-Malang Raya. Adapun fokus pelatihan pada penerapan strategi bisnis dengan Analisis Business Model Canvas dan pengelolaan Keuangan berbasis Aplikasi SIAPIK. 

Acara dimulai dengan sambutan dari Prinintha Nanda Soemarsono, S.A., M.A. selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dan Drs. Sri Sugeng Waskito, M.Pd. selaku Ketua Paguyuban PAKU.

Sugeng Waskito, M.Pd. selaku Ketua Paguyuban Pelaku Usaha Jawa Timur (PAKU) menjelaskan para peserta turut antusias mengikuti kegiatan. 

"Mereka berharap bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kegiatan pelatihan ini untuk bisa mengembangkan bisnis usahanya," ujarnya. 

Ia berharap kegiatan tersebut mampu mendorong sinergi keberlanjutan untuk mengomptimalkan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya di Kota Malang. 

Pelatihan yang di gelar di Malang Creative Center (MCC) dimulai dengan pemasaran digital oleh Moh. Darus Salam. Materi yang diberikan tentang penerapan Business Model Canvas sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis. 

Peserta diajak menentukan fokus yang ingin dicapai sekaligus dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari model bisnis, mencari ide-ide baru. Tak hanya itu peserta juga diajak mengembangkan bisnis untuk jangka waktu panjang.

Pada materi kedua oleh Nitami Galih Pangesti, membahas Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi SIAPIK. Nitami menitikberatkan peningkatan literasi keuangan UMKM agar pelaku UMKM dapat menerapkan pencatatan keuangan sederhana.

"Pelaku UMKM kni berharap bisnis rintisannya dapat berkembang melalui implementasi strategi bisnis," tutup Sugeng. (*)

Tombol Google News

Tags:

Fakultas Vokasi Unair Universitas Airlangga pelaku UMKM Kota Malang